Launching

Launching

Kamis, 02 Juli 2009

ANIMASI PEMBNTUKAN SESAR SORONG WEST PAPUA

By
FRANK HAMAH SAGRIM


Dongeng Geologi, gempa | 19 Comments
Tags: , , , ,
papua_tektonik

Sesar Sorong berada di tepi utara Pulau Papua membentang dari Timur ke Barat. Melewati kota Manokwari-Sorong, dan menerus sampai ke Halmahera, mungkin sampai Sulawesi

Dibawah ini animasi terbentuknya Sesar Sorong yang sangat-sangat aktif itu.Sesar atau Patahan Sorong ini bergerak menimbulkan gempa dengan kekuatan 7.6 Magnitude pada tanggal 4 January 2009.

Sesar Sorong ini terbentuk akibat benturan lempeng Benua Australia dengan Lempeng Samodra Pasifik.

Lempeng Benua Australia bergerak dari Selatan ke Utara. Sedangkan Lempeng Samodra Pasifik bergerak dari Timur ke Barat.

Di Bagian kanan atas ada angka yang menunjukkan umur dalam juta tahun yang lalu. Angka 12 artinya posisi tektonik pada 12 juta tahun yang lalu. Angka 5 menunjukkan posisi pada 5 juta tahun yang lalu dan seterusnya.Silahkan diulang-ulang sehingga mudah dimengerti bagaimana Sesar Sorong ini bergerak sejak jutaan tahun yang lalu.

WordPress Video tidak seperti Youtube dengan metode streaming video. Video ini harus di download sampai selesai dulu seluruhnya, baru bisa dijalankan berulang-ulang.

Terlihat bahwa embrio Sesar Sorong sudah ada cukup lama, kira-kira terbentuk 20 juta tahun yang lalu. Batuan-batuan yang sekarang ini saling bergesekan sudah ada sejak 4 juta tahun yang lalu. Jadi kalau dalam setahun bergoyang dengan skala 5 Magnitude saja, maka selama 10 juta tahun sudah berapa kalu goyangan-goyangan itu menimpa daerah Indonesia Timur ini ?

Animasi tektonik ini dibuat Oleh Robert Hall tahun 2001. Professor Robert Hall adalah Director of the SE Asia Research Group, Degree Programme Co-ordinator MSci Environmental Geology di Royal Halloway, University of London, Inggris.

Tidak ada komentar: