Launching

Launching

Senin, 03 Agustus 2009

ANTARA TEOLOGI WIYON-WOFLE DAN PENDIDIKAN INISIASI ORANG MAYBRAT IMIAN SAWIAT

Teologi wiyon-wofle ini bisa disebut teologi dan pendidikan inisiasi orang Maybrat Imian Sawiat sesuai dengan aktifitas, sifat dan tujuannya. Pendidikan inisiasi dalam ilmu teologi natural suku Maybrat Imian Sawiat, dapat disebut sebagai pendidikan inisiasi obyektif dan subyektif, yaitu:

Ilmu teologi obyektif ____________ Teologi yang historis

Ilmu teologi subyektif ____________ Teologi yang dogmatis dan praktis.

Teologi wiyon-wofle juga dibagi sebagai berikut :

1. Teologi historis ____ Mengungkapkan sejarah kebesaran wiyon-wofle

2. Teologi sistematis ____ Semua yang dijalankan dalam aktifitas wiyon-wofle bersifat sistematis, tidak terubahkan.

3. Teologi Praktis ____ Teologi wiyon-wofle dilakukan dengan metode yang praktis.

Dalam pendidikan inisiasi teologi wiyon-wofle, terdapat bagian teologi yang lain yaitu; sistematika dan praktika yang masing-masing bagian mempunyai butir-butir pokok teologia yang sesuai dengan pembidangannya yang diajarkan. Adapun pembagian itu dapat dibuat sebagai berikut:

SISTEMATIKA /DOGMA

WIYON-WOFLE

PRAKTIKA

WIYON-WOFLE

1. Dogmatic wiyon-wofle

2. Etika wiyon-wofle

3. Apologi

1. Missiologi wiyon-wofle

2. Kateketik

3. Homiletik

4. Pastoral

5. Inisiasi Wiyon-Wofle

Dengan demikian maka pendidikan inisiasi teologi wiyon-wofle termasuk dalam kelompok teologi praktis.

A. Teologi wiyon-wofle dan inisiasi

Sesuai dengan tugasnya, maka pendidikan inisiasi adalah aliran pendidikan tradisional orang Maybrat Imian Sawiat yang disebut wiyon-wofle yang menghantarkan dan mempersiapkan orang-orang yang bertanggungjawab serta berwawasan inisiasi wiyon-wofle, dan guna mencapai tujuan itu, maka dilaksanakanlah kegiatan belajar mengajar inisiasi sistem asrama dan tertutup sebagai bentuk pelayanannya. Kesungguhan dan kerja keras sangat diperlukan agar tujuan inisiasi wiyon-wofle tercapai dan panggilan suci dapat terpenuhi. Oleh karena itulah penyelenggaraan dan penataan gedung sekolah - tabernakel didukung oleh perangkat-perangkat - perkakas-perkakas yang komplit.

Tatalaksana pendidikan inisiasi teologi wiyon-wofle biasanya berjalan dengan waktu maksimal 12 bulan dan minimal 6 bulan. Perangkat yang mendukung pelaksanaan pendidikan inisiasi wiyon-wofle adalah :

· Metode kuliah/sekolah

· Metode penasehatan

· Metode gabungan kuliah/sekolah dan penasehatan

· Metode pengujian

· Metode Penyempurnaan

· Metode Puasa

· Metode penyendirian sebagai peningkatan spiritualitas.

Materi pendidikan inisiasi teologi wiyon-wofle meliputi pokok-pokok bo tgif-firman, wiyon-wofle, penjadian, manusia, dan pokok-pokok ajaran agama wiyon-wofle. Lihat skema berikut:


Pendidikan inisiasi teologi wiyon-wofle diperinci pada bagian dan butir-butirnya sebagai beriikut:

1. Tentang wiyon-wofle

· Siapa yang dimaksud dengan wiyon-wofle dari segi tata bahasa Maybrat Imian Sawiat

· Penyataan dan penyataannya seperti kesaksian Raa wiyon-Na wofle

· Pengakuan percaya kepada wiyon-wofle

· Tanggungjawab berdasarkan pengakuan kepada wiyon-wofle

2. Tentang Penjadian

· Ungkapan botgif-bo snyuk-watum (firman) tentang penjadian

· Berita inti tentang penjadian

· Arti kekhalikan wiyon-wofle

3. Tentang bo tgif – bo snyuk – watum (firman)

· Etimologi bo tgif – bo snyuk – watum (firman)

· Isi bo tgif – bo snyuk – watum (firman)

· Kononisasi

· Cara yang tepat dalam menggunakan bo tgif – bo snyuk – watum (firman)

· K’wiyon-bol wofle – Tabernakel

4. Tentang manusia

· Perbedaannya manusia dengan ciptaan lain

· Manusia sebagai Raa wiyon-Na wofle

· Amanat dan tugas dari wiyon-wofle kepada Raa wiyon-Na wofle

5. Pokok-pokok ajaran inisiasi wiyon-wofle

· Hal dosa – iro

- Manusia Berdosa Raa iin – Na iin

- Hukuman atas dosa iro

· Pengampunan dosa miyon iro – tgif iro – maut wlah

- Pengantara sejati

- Hidup baik

· Hal tolong – menolong

Orang Maybrat, Imian, Sawiat, sebagai makhluk sosial yang dalam tindakan-tindakannya melangsungkan pendidikan inisiasi teologi wiyon-wofle merupakan suatu penjurusan pada kepentingan tentang spiritualitas mereka.


Konsep hubungan sosial dan agama orang Maybrat, Imian, Sawiat




Keterangan gambar:

A. Wadah seluruh hubungan sosial dan agama masyarakat Maybrat, Imian, Sawiat. Seluruh jaringannya dalam arti umum/luas tanpa memperlihatkan batas-batas hubungan tertentu antara sosial bebas dan beragama.

B. Suatu jaringan hubungan sosial dan agama yang memperlihatkan corak dan sikap yang berbeda dari kelompok sosial bebas dan agama.

C. Group; kelompok sosial bebas dan agama yang memiliki hubungan sosial yang nyata dengan struktur yang begitu menonjol nyata.

D. Quasi group sosial bebas dan agama

E. Kelompok dengan antar hubungan langsung

F. Kelompok dengan antar hubungan tidak langsung luas

G. Kelompok dengan antar hubungan langsung terbatas

H. Kelompok dengan antar hubungan tidak langsung terbatas

I. Kelompok dengan antar hubungan tidak langsung luas.

A. Ciri-ciri Raa wiyon-Na wofle

Raa wiyon-na wofle adalah kelompok dan perkumpulan yang menamakan diri mereka sebagai abdi wiyon-wofle (Allah). Perkumpulan atau group Raa wiyon-Na wofle juga merupakan masyarakat yang mana mereka juga memiliki ciri-ciri syarat sebagai masyarakat.

Ciri-ciri masyarakat yang tergolong dalam perkumpulan Raa wiyon-Na wofle adalah:

1. Ada interaksi antara Raa wiyon-Na wofle dengan para warga.

2. Memiliki tata, aturan, adat, dan norma yang mengatur interaksi

3. Adanya kontinuitas antara sesama Raa wiyon-Na wofle dan dengan warga

4. Adanya identitas yang mempusatkan Raa wiyon-Na wofle dan warga.

Selain itu ada dua ciri tambahan yaitu;

1. Memiliki organisasi dan sistem pimpinan

2. Anggota kelompok suatu saat berkumpul kemudian bubar lagi

Di wilayah Maybrat, Imian, Sawiat, kedua ciri ini dimiliki oleh kesatuan warga masyarakat sebagai ciri kesatuan sosial dan kesatuan jemaat (Raa wiyon – Na wofle) disebutjuga kesatuan religi. Kedua kelompok kesatuan ini mempunyai unsur lokasi tertentu yang jelas dan walaupun kelompok Raa wiyon-Na wofle memiliki kelompok yang sakral, namun mereka tidak langsung melepaskan diri dari kelompok warga, karena Raa wiyon-Na wofle adalah bagian kelompok kekerabatan yang bertalian klen di tengah warga.

Dari sifat organisasi dan sistem pimpinannya masing-masing dengan perbedaan ikatan, yaitu berisikan adat istiadat dan sistem norma yang sudah ada sejak dulu dan bisa disebut kekerabatan untuk sistem kelompok warga.

Tidak ada komentar: