Launching

Launching

Sabtu, 08 Maret 2008

LOGOS





Tanpa berbuat apa-apa pengalaman baru tidak akan lahir


  • Hamah. S


Segala perbuatan sewaktu kanak-kanak gratis adanya, tetapi segala perbuatan

semenjak kedewasaan adalah pengorbanan.


  • Hamah. S


Dunia adalah arena bermain bagi mereka yang melakukannya, namuna tragedy bagi mereka yang merasakannya

  • Hamah. S


Seorang konsultan psikologi paling jenius sekalipun tidak lebih mengerti tentang pikiran kita daripada diri kita sendiri



Pengetahuan tanpa kerajinan adalah kegagalan;

Alias pesawat tampa mesin, bukan apa – apa tetapi

Kesia - siaan

  • Hamah. S


Pengetahuan tampa kerajinan adalah kegagalan; Alias pesawat tampa mesin, bukan apa – apa tetapi Kesia – siaan, Pengetahuan itu tidak bisa dinyatakan bila yang memilikiny adalah orang yang bermalas – malasan. Pengetahuan membutuhkan kerjakeras, motivasi dan semangt tinggi.

Orang berpengetahuan yang bermalas – malasan cenderung mematikan perkembangan kerja suatu perusahaan atau lembaga sehingga menjadi mandeg.

Oleh karenaitu perhatikanlah baik – baik orang – orang pekerja anda tentang hal itu. Sangatlah sia-sia bagi orang yang awalnya berusaha mencari pengetahuan namun ketika memperolehnya ia menjadi malas, ini adalah suatu kekeliruan besar! Karena tidak ada seorang’pun di dunia ini yang menghimpun harta serta ilmu sebanyak-banyaknya tampa dimanfaatkannya atau hanya untuk disimpangnya.


keberanian mampu mengubah kehidupan anda.

  • Hamah. S


IMPIAN Rachel Morado adalah bisa menyelesaikan pendidikannya. Pada umur 14 tahun dia terpaksa putus sekolah karena harus mengurus adik-adiknya. Perkawinan pada umur 16 tahun dan kelahiran enam orang anak semakin menjauhkan impiannya. Kemudian pada tahun 1983, pada umur 52 tahun, Rachel kembali menjadi murid di sekolah menengah yang sama di Kansas City, Morado bersekolah pada sekolah dimana anak-anaknya sendiri telah menamatkan belajar mereka.

Dua tahun kemudian dia tamat dan mengambil kursus untuk tes persamaan sekolah menengah atas. "Kembali ke sekolah memberiku rasa percaya diri," kata Rachel. "Sekarang aku tahu bahwa aku bisa melakukan apasaja kalau pikiranku sudah mantap." Pada usia 30 tahun, Steve Richardson adalah seorang konsultan dengan bayaran tertinggi di perusahaan akunting yang terbesar di dunia. Tetapi jam-jam kerjanya panjang dan dia jarang bertemu dengan keluarganya. Lambat laun, Steve mulai mendambakan kehidupan yang lebih sederhana di pinggiran New England, tempat dia dibesarkan. Pada suatu hari ketika dia duduk dalam kendaraan di tengah lalu lintas New Jersey yang padat, dia memutuskan untuk meninggalkan pekerjaannya dan "kembali ke kehidupan kota kecil". Sebagai pemilik perusahaan mainan teka-teki gambar potong di Norwich, Vt. dia menerima sebagian dari keuntungan yang diperolehnya sebagai eksekutif perusahaan, tetapi bukan hanya itu yang diterimanya. "Ada hal-hal yang lebih penting daripada uang, "kataSteve. Pada suatu saat dalam hidup kita, hampir semua dari kita mendambakan kesempatan kedua untuk melakukan satu hal yang kita impi-impikan, tetapi tidak pernah berbuat untuk mengusahakannya. Namun hampir semua dari kita tidak ingin membuat lompatan menyeberangi jurang yang memisahkan impian dengan perbuatan.

Selalu akan ada orang yang memperingatkan kita bahwa kita akan gagal pada ini atau itu. Pertanyaaan yang terpenting untuk diajukan bukan apakah aku akan gagal, tetapi apakah akan berhasil mencapai hasil? Mudah sekali menghindari kegagalan," kata pendeta Kansas City, Eugene Brice. "Saya tidak pernah kalah dalam pertandingan tenis. Tidak pernah kalah dalam memperebutkan jabatan di kantor pemerintah. Tidak pernah tercekik ketika sedang menyanyi solo. Itu karena saya tidak pernah mencoba hal-hal itu.

Hanya orang yang mencoba sesuatu sajalah yang menghadapi resiko gagal. "Bagaimana kita melatih diri sendiri untuk melihat dan bertindak pada kesempatan kedua dalam hidup? Di bawah ini, dari para ahli dan orang yang mencari kesempatan kedua, ada enam petunjuk:

1. Jangan remehkan impian Anda. Charlie Barsotti melewatkan masa kanak-kanaknya di Texas dengan menggambar kartun dan bercita-cita menjadi kartunis profesional. "Tapi setelah saya dewasa," katanya,"rasanya ini tidak seperti pekerjaan yang sesungguhnya." Maka Charlie bekerja sebagai anggota staff di sebuah pusat rehabilitasi anak yang terganggu mentalnya, dan menggambar kartun sebagai hobi. Walaupun demikian, kepala sekolah lebih serius memperhatikan gambar Charlie - dan meminjaminya ongkos pesawat ke New York supaya dia bisa memperlihatkan kartunnya kepada beberapa editor majalah. Setelah Pageant membeli beberapa idenya, Charlie pulang untuk mengembangkan tekniknya. Sekarang kartun-kartunnya dimuat dalam penerbitan seperti New Yorker dan USA Today Carol Wall, seorang manager di perusahaan konsultan bank Midwest, ketika masih remaja mendapat kegagalan karena giginya jelek, dan merasa bahwa gigi jelek bukan hal yang cukup gawat untuk diresahkan, namun jauh di lubuk hatinya Carol merasa prihatin. Kemudian setelah ulang tahunnya yang ke-43, dia memutuskan untuk mendapat perawatan gigi. Selain penampilannya yang lebih baik, Carol mendapat bonus tambahan: "Menciptakan senyuman baru pada umurku sekarang memperlihatkan kepadaku bahwa aku bisa mengendalikan hidupku dan aku punya kekuatan untuk mengubah apa yang tidak kusukai."

2. Jangan sekali-kali mengatakan itu sudah terlambat. Al Comley menunggu 30 tahun untuk mendapatkan kesempatan kedua. Pada tahun 1935, dalam umur 19 tahun, dia masuk sekolah bisnis dan pelajaran yang paling disukainya adalah bidang penjualan. Tetapi ketika itu adalah zaman depresi, dan setelah tamat, Al mengambil pekerjaan pertama yang didapatnya - bagian pemesanan di sebuah perusahaan makanan. Beberapa kali selama bertahun-tahun, Al berpikir ingin pindah ke bagian sales, tetapi tidak pernah dilakukannya. Akhirnya, pada umur 53 tahun, dia bertindak untuk mencapai impiannya: Al pensiun lebih awal dan menjadi agen asuransi. "Seharusnya saya masuk bagian sales lebih awal," katanya. "Tapi sekurang-kurangnya saya tidak menunggu selamanya," Pada umur 70 tahun, sekarang Al bekerja untuk Fuller Brush dan mempunyai wilayah dengan 300 pelanggan. "Stereotip sudah tidak cocok lagi." kata Bernice Neugarten, profesor pendidikan dan sosiologi di Universitas North Westren, dan seorang ahli terkemuka di bidang penuaan. "Tiga puluh tahun yang lalu, orang diharapkan melakukan hal-hal tertentu pada tahap-tahap tertentu dalam hidup mereka. Pada zaman sekarang, daur kehidupan jauh lebih lentur dan kita lebih terbuka terhadap perubahan pada usia berapa saja."

3. Taklukkan gunung Anda setahap demi setahap. Seperti banyak perenang pertandingan yang masih muda, John Nader mendambakan untuk bertanding dalam Olimpiade. Kemudan pada tahun 1972, sementara menonton Olimpiade di TV, perenang SMA ini mulai bertanya-tanya dalam hati berapa banyak dia harus menigkatkan kemampuannya untuk bisa menjadi peserta Olimpiade. Menurut perhitungannya, dia harus menurunkan waktunya empat detik dalam empat tahun. Mula-mula, rasanya ini mustahil - sampai John memperhitungkan bahwa kalau dia berlatih sepuluh bulan setiap tahun, dia hanya akan mengurangi waktunya sepersepuluh detik per bulan dari yang empat detik, dan akan berhasil menjadi peserta Olimpiade 1976. Maka tepat itulah yang dilakukannya. Kata Steven Danish, ketua jurusan psikologi di Virginia Commonwealth University, "Dengan memecah-mecah sasaran menjadi bagian-bagian yang bisa dicapai, kita meningkatkan keuntungan dalam pendapatan jangka pendek, dan kita menurunkan harga yang harus dibayar dalam upaya mencapainya.

4. Bersedialah melakukan tukar-menukar. Don Campbell mengambil alih usaha pemakaman keluarga di Beaver Falls Park., setelah ayahnya meninggal, mengakhiri impiannya tentang karier sebagai penerbit. Kemudian, sepuluh tahun kemudian, setelah menyerahkan usaha kepada adiknya, Don sekeluarga pindah ke Midwest dan dia masuk ke Sekolah Jurnalistik di Universitas Missouri. "Saya harus pinjam uang untuk menyelesaikan studi," dia menceritakan kembali. Hari ini, setelah 30 tahun dalam jurnalistik dan periklanan, Don menerbitkan buletin bisnis. "Saya tidak pernah menghasilkan uang sebanyak yang saya dapat dalam bisnis pemakaman," dia mengakui. "Tapi saya telah mencapai impian saya, dan itu membuat saya bahagia." Seseorang mengatakan kepada saya lama berselang bahwa kalau kita bekerja cukup keras, maka kita akan mendapatkan apa saja yang kita inginkan. Tetapi kita tidak bisa memiliki segala-galanya, secara sekaligus. Yang penting adalah mengetahui bahwa dalam setiap kesempatan kedua akan ada tukar-menukar - dan lebih sering kita harus membuat pengorbanan. Alan Marlatt, seorang ahli psikologi Universitas Washington, menyarankan untuk menuliskan konsekuensi jangka pendek maupun jangka panjang dari setiap kesempatan kedua yang kita hadapi. "Tentukan mana yang positif dan mana yang negatif," dia menyarankan, "dan pertimbangkan perbedaannya. Dapatkah Anda hidup dengan yang negatif? Ini akan membantu Anda menghadapi kegagalan.

5. Bersedia untuk berubah. Dua puluh tiga tahun yang lalu, Bill Moores adalah seorang pecandu minuman keras berumur 28 tahun yang menganggur dan telah menjalani 50 pekerjaan setelah tamat SMA. Kemudian dia mendapatkan dirinya dalam unit rehabilitasi alkohol di Cleveland. "Saya membuat setiap orang di sana kerepotan, terutama seorang tua ini. Akhirnya, pasien lainnya mengatakan kepada saya supaya tidak mengganggu orang itu. 'Kau orang pertama yang kutemui dan begitu brengsek sehingga tidak seorangpun menyukaimu,' katnya pada saya."

Komentar ini mengetuk hati Bill. "Tiba-tiba saya sadar," katanya, "bahwa sayalah orang yang harus mengurus diri saya sendiri, dan bahwa saya punya kekuatan untuk berubah. Pada saat itu juga saya bertekad untuk berhenti minum minuman keras dan membuat diri saya berarti."

Bill masuk program alkoholisme. Kemudian dia mendapat pekerjaan sebagai salesman dan membuktikan bahwa dia bisa bertahan tanpa minuman keras dan sanggup bekerja keras. Pada tahun 1983 dia menjadi direktur dan pemilik perusahaan investasi real-estate bernilai $3 juta. Dia juga punya istri dan keluarga yang dulu dikiranya tidak akan bisa dicapai - semua ini karena dia bertekad bahwa dia bisa berubah dan bahwa kesempatan kedua mungkin terjadi. "Saya tidak ingin menukarkan apa pun yang pernah terjadi dalam hidup saya," kata Bill sekarang, "tidak satu pun dari rasa sakit yang saya alami, sebab hal itu membantu saya melihat bahwa tidak ada batas terhadap apa yang bisa kita lakukan, asalkan kita bersedia berubah."

Kita semua pernah kenal dengan tukang mengeluh yang kronis, yang meratapi pekerjaan mereka, perkawinan mereka atau kehidupan pada umumnya. Tetapi saya tidak pernah melihat ada tukang mengeluh seperti itu yang melakukan sesuatu yang konstruktif untuk mengubah apa yang membuat mereka tidak bahagia. Mendapat kesempatan kedua berarti bahwa kita yakin berubahan bisa kita raih - dan bahwa kita akan memetik keuntungan dari perubahan itu.

6. Jangan mau menerima jawaban tidak - bahkan dari diri Anda. Seorang wanita dari Papua pernah menceritakan kepada saya bagaimana dia menderita karena rasa malu yang dirahasiakannya: dia adalah seorang dewasa yang buta huruf. Setelah anak perempuannya lahir, rasa malu wanita ini makin meningkat. Sebagai seorang ibu dia tidak bisa membacakan buku kepada anaknya! Kemudian dia melihat iklan untuk program pemberantasan buta huruf (aksara dan angka) . "Mula-mula saya begitu takut untuk ikut ambil bagian," katanya mengakuinya. Tetapi akhirnya dia mengatasi rasa takutnya diketahui umum, dan dengan jari gemetar dia memutar telepon. Dia tidak mau menerima jawaban tidak - bahkan dari dirinyasendiri.

"Alangkah jauh berbeda segala-galanya sekarang!" katanya, setahun setelah memulai pelajarannya. "Saya bisa membacakan cerita kepada anak saya, dan saya tidak takut lagi kalau surat-surat dari pos datang." Saya teringat kepada sebuah poster dari masa bertahun-tahun yang lalu: "Kau tidak bisa menyeberangi jurang dengan langkah setengah-setengah." Pada beberapa tempat, kita harus melompat. Joyce Brothers menyebut ini "bujukan untuk komitmen total". Dan sesuatu yang hebat akan terjadi begitu kita melakukan komitmen ini. Kita mulai melihat pemecahan, menemukan cara dan sarana yang sebelumnya tidak tertangkap oleh perhatian kita. Dalam The Big Swich, buku karyanya mengenai perubahan karier ini, Rochelle Jones menekankan: "Kalau kau bisa memimpikannya, mulailah.

Kalau kau bisa membayangkannya, teruskanlah. Komitmen dan bayangan (vision) membentuk momentumnya sendiri, yang mendatangkah akhir yang berhasil." Hidup ini penuh dengan kesempatan kedua bagi kita semua, untuk mencapai hasil dalam apa yang kita lakukan, untuk mengubah kegagalan menjadi sukses melalui sesuatu usaha baru atau sikap yang berbeda. Kita tidak perlu membatasi diri sendiri. Yang kita perlukan untuk menghadapi kesempatan kedua adalah kemampuan mengenalinya dan keberanian untuk bertindak.

Kebahagiaan takkan pernah bisa dibeli dengan uang tetapi hal itu hanya dapat dipenuhi

  • Hamah. S

Kebahagiaan takkan pernah bisa dibeli dengan uang Namun dipenuhi, karena unsur utama kebahagiaan adalah: sesuatu untuk dikerjakan, sesuatu untuk dikasihi, dan sesuatu untuk diharapkan.

Kebahagiaan itu seperti kupu-kupu, bila dikejar ia akan menjauh dari jangkauan kita, tetapi bila kita duduk diam, ia mungkin hinggap pada kita.

Semua orang yang berbahagia selalu bersyukur. Orang yang tidak bersyukur tidak dapat berbahagia.

Kita cenderung berpikir bahwa karena tidak berbahagia maka orang mengeluh, tetapi yang lebih benar adalah karena orang mengeluh maka mereka tidak berbahagia, namun Hanya ada satu kebahagiaan dalam hidup, mengasihi dan dikasihi.

Kita harus belajar mencari kebahagiaan dengan membatasi keinginan kita, bukan dengan mencoba memenuhinya.

Kebahagiaan itu juga seperti minyak wangi yang tidak mungkin Anda percikkan pada orang lain tanpa Anda sendiri terpercik, kebahagiaan itu menjadikan anda orang yang sukses namun kesuksesan bukanlah kunci menuju kebahagiaan. Kebahagiaan adalah kunci menuju sukses.

Bila Anda menyukai yang Anda kerjakan, Anda akan sukses namun kebahagiaan itu tidakbisa dikejar, karena Mengejar kebahagiaan adalah salah satu sumber ketidakbahagiaan oleh karena itu Bila suatu pintu kebahagiaan tertutup, pintu lainnya pasti terbuka, tetapi seringkali kita terlalu lama berada di depan pintu tertutup itu hingga tidak melihat pintu lain yang terbuka hal ini didasari bukan dari apa – apa, Bukanlah tempat, atau kondisi, tetapi alam pikiranlah yang membuat seseorang berbahagia atau sengsara.

Ingatlah bahwa Kebahagiaan tak akan datang pada mereka yang tidak menghargai yang telah mereka miliki, dan Bila saya ditanya apakah cangkir saya setengah berisi atau setengah kosong, jawab saya adalah saya bersyukur karena saya mempunyai sebuah cangkir itulah jawaban yang sangat membahagiakan.

Tuhan tak pernah bertanya pada siapa’pun apakah ia mau menerima untuk kehidupan pada dunia ini atau tidak, Itu bukan pilihan atau hak kita. Anda harus menerimanya. Pilihannya hanyalah bagaimana.



Orang sukses mengambil keuntungan dari kesalahannya dan mencoba lagi dengan cara yang berbeda

  • Hamah. S

Orang yang sukses mengambil keuntungan dari kesalahannya dan mencoba lagi dengan cara yang berbeda, Bila sesuatu salah, cobalah perbaiki kalau Anda bisa. Tetapi berlatihlah untuk tidak kuatir. kekhawatiran tak pernah memperbaiki sesuatu, karena Seorang yang pesimis akan melihat kesulitan pada setiap kesempatan, tetapi orang yang optimis melihat setiap kesulitan sebagai kesempatan besar.

Tak ada setetes air hujan yang menganggap dirinya penyebab banjir, Begitupula suatu kesalahan tidak pernah mengatakan bahwa ialah penyebab manusia itu bersalah, atau ia tidak berpikir bahwa dirinya Membuat orang lain korban semua itu kembali pada diri kita.

Sebelum anda melangkah terlalu jauh, lebih baik tanyakan pada diri anda siapa anda sebenarnya, temukan diri anda, jati diri anda yang sebenarnya karena jika anda mampu mengetahui siapa anda adanya, saya yakin akan ada hal besar yang anda tunjukkan kepada dunia. jangan takut kalau ada kesalahan, tetapi Orang yang tidak pernah berbuat kesalahan hanyalah orang yang tidak pernah berbuat sesuatu dan Kesempurnaan dicapai bukan karena tampa kesalahan atau tidak ada lagi yang bisa ditambahkan, tetapi bila tak ada lagi yang tertinggal untuk dibuang.

Orang yang sukses mengambil keuntungan dari kesalahannya dan mencoba lagi dengan cara yang berbeda dan Untuk orang yang sukses tak ada rahasia untuk keberhasilan, namun Itu adalah hasil perencanaan, kerja keras, dan pembelajaran dari kegagalan. Oleh karena itu kita harus bertanggung jawab bukan hanya akan hal yang kita lakukan, tetapi juga akan apa yang tidak kita lakukan.

Cara terbaik mengalahkan lawan adalah menjadikannya sebagai teman sejati.

  • Hamah. S

Cara terbaik mengalahkan lawan adalah menjadikannya sebagai teman sejati. Dan bila ada lawan yang memusuhi anda maafkan dia karena Bila Anda memaafkannya, Anda tidak mengubah masa lalu --- tetapi yang pasti Anda mengubah masa depan.

anda bisa memberi walau tanpa mengasihi, tetapi kita tidak bisa mengasihi tanpa memberi namun Terberkatilah mereka yang memberi tanpa mengingatnya. Dan terberkatilah mereka yang menerima tanpa melupakannya.

Cara terbaik untuk mengalahkan lawan kita adalah menjadikannya sebagai teman kita dan olehkarena itu untuk anda; Lakukan yang baik yang Anda bisa, Dengan semua cara yang Anda bisa, Di semua jalan yang Anda bisa, Pada semua waktu yang Anda bisa dan Kepada semua orang yang Anda bisa Sepanjang yang Anda bisa itulah perlakuan sifat baik.

Lebih baik pantas mendapat kehormatan tetapi tidak memperolehnya daripada memperolehnya tetapi tidak pantas mendapatkannya.

  • Mark Twain

Kesempatan…sering datang secara tersamar dalam bentuk ketidakberuntungan, atau kekalahan sementara.

  • Napoleon Hill

Sesuatu yang baik, belum tentu benar. Sesuatu yang benar, belum tentu baik. Sesuatu yang bagus, belum tentu berharga. Sesuatu yang berharga/berguna, belum tentu bagus. Oleh karena itu janganlah ceroboh.

  • Hamah. S

Semakin banyak Anda berbicara tentang diri sendiri, semakin banyak anda berbohong.

  • Hamah. S

Jika Anda tidak bisa menjadi orang pandai, jadilah orang yang baik itu sudah cukup.

  • Hamah. S

Seorang teman sejati akan membuat Anda hangat dengan kehadirannya, mempercayai akan rahasia anda dan mengingat Anda dalam doa-doanya.

  • Hamah. S

Rasa takut bukanlah untuk dinikmati, tetapi untuk dihadapi. Janganlah lari jika ada masalah, jika anda lari pasti karena takut dan pelarian anda tidak akan menyelesaikan masalah anda.

  • Hamah. S

Bila Kita mengisi hati kita dengan penyesalan untuk masa lalu dan kekhawatiran untuk masa depan, kita tak memiliki tujuan dan motifasi.

  • Hamah. S

Belajarlah dari kesuksesan dan kesalahan orang lain. Anda tidak dapat hidup cukup lama untuk mendapatkan semua itu dari dirimu sendiri.

  • Hamah. S

Cinta memang tak harus memiliki, tetapi memiliki cinta memang harus

  • Hamah. S

Cinta memang tak harus memiliki, tetapi memiliki cinta memang harus, oleh karena itu bila anda jatuh cinta pada seseorang, jangan siksa diri anda dengan menganggap bahwa cinta anda ditolak, ‘Cinta itu tak pernah tertolak’ Karena, setiap orang senang bahkan butuh dicintai. Wujudkan cinta anda dengan memberikan sesuatu, bukan mengharap - harap akan sesuatu. Sebab, apa yang dilontarkan karena cinta selalu kembali pada hati anda di saat itu juga.

Kebahagiaan dari memberi jauh lebih besar ketimbang kebahagiaan karena menerima. Namun, lain halnya bila anda ingin memiliki sesuatu yang anda cintai. Keinginan itulah yang menimbulkan pedih yang mengiris-iris pelupuk hati. Jangan menambah siksa anda dengan menginginkan sesuatu. Jangan sia-siakan cinta anda dengan beban-beban harapan. Keinginan untuk memiliki mungkin saja tertolak. Namun, percayalah cinta anda yang sesungguhnya takkan pernah kembali dengan tangan kosong.

Bekerja adalah ibarat itik yang berenang di telaga.

  • Hamah. S

Bekerjalah sebagaimana itik berenang di telaga. Ia melaju dengan tenang dan cantiknya, tanpa membuat permukaan air menjadi berkecipak dan berisik. Ia pun tak perlu membuat sekujur tubuhnya basah kuyup atau merusakkan bulu-bulunya. Bahkan, berenangnya itik itu sendiri selalu menambah keindahan pandangan seluruh telaga.

Namun, tahukah kita bahwa di dalam air sepasang kakinya bekerja keras mengayuh-ayuh, dan itu tak tampak oleh mata yang memandangnya. Kita dapat bekerja dengan keras dan gigih dan untuk itu kita memang tak perlu menyembunyikan luruhan keringat dan tarikan nafas panjang kelelahan, namun kita dapat mengubahnya sebagai sebuah kesukacitaan.

Itu hanya tercapai bila kita meletakkan sumbangsih kerja kita dalam bingkai indah tentang peraihan hidup. Karena kerja adalah bagian dari hidup, maka jangan biarkan kerja jadi noda tinta dalam lukisan tentang kehidupan kita.

Jangan takut dengan sanjungan tetapi bersyukurlah

  • Hamah. S

Tak perlu takut menerima sanjungan, Bila anda dikaruniai wajah tampan atau cantik; bila anda dianugerahi kepintaran; bila anda mampu menyelesaikan pekerjaan dengan baik; bila anda telah berbuat kebaikan; maka mungkin akan ada orang yang memuji anda.

Lebih dari itu, mungkin mereka akan menyanjung dan mengagungkan anda. Pujian dan sanjungan boleh jadi konsekuensi logis dari apa yang telah anda lakukan, Malah itu biasa dan wajar-wajar saja.

Jadi, mengapa anda takut menerima sanjungan? Tetapi khawatirlah bila anda mulai menikmati sanjungan itu; bila anda mencari-cari tepuk tangan orang yang mengagumi anda; bila anda kesal bila pujian itu tak kunjung tiba.

Bukan kalimat indah yang ada pada bibir orang lain, melainkan rasa nikmat dalam diri anda yang meruntuhkan anda sendiri.

Biarkan jutaan pujian datang, namun jangan biarkan ia masuk ke dalam hati, Pujian itu bagai kertas tissue yang bisa mengusap keringat; mengobati rasa lelah, namun betapa rapuh dan mudah hancur.

Pengalaman – pengalaman dan ide – ide briliant anda bersumber dari diri anda. ibarat Satu Bumi Sejuta Dunia

  • Hamah. S


Pengalaman – pengalaman dan ide – ide briliant anda bersumber dari diri anda. ibarat Satu Bumi Sejuta Dunia, karena Semakin panjang usia kita, semakin panjang pula catatan pengalaman hidup kita. dan bagi mereka yang mau memetik pelajaran dari pengalamannya, maka pengalaman jadi kekayaan yang unik baginya.

Usia membawanya pada kebajikan sedangkan bagi mereka yang acuh, pengalaman tak lebih dari goresan di atas pasir pantai, Usia tak menjamin apa-apa selain ketuaan baginya.

Meski kita sama-sama dinaungi oleh langit yang sama; meski kita sama-sama diterangi oleh cahya matahari yang sama; meski kita sama-sama digelapi oleh malam yang sama, namun kita tak pernah sama dalam menyerap semua itu. Kita melihat cakrawala dari ketinggian yang berbeda. Kita melangkah di jalan setapak dengan bobot yang berbeda. Kita mengisi ruang dan waktu ini dengan besar tubuh yang berbeda pula.

Meski kita lahir di bumi yang satu, namun kita hidup di dunia yang berbeda-beda. Kita mempunyai sidik dunia pikiran yang tak sama bagi setiap orang. Keunikan itu takkan banyak berarti bila tak menjadi kekayaan bagi kita, kekayaan itu tak banyak bermakna bila tak membuat diri kita semakin bijak lestari.

Keberhasilan anda mungkin sebentarlagi berhasil tetapi ketika keputusan anda salah maka keberhasilan anda hilang.

  • Hamah. S

Seorang penjual roti menjelajahi blok-blok perumahan baru, Semula hatinya cukup optimis untuk mendapatkan pelanggan di situ. Setiap hari, sejak subuh sampai matahari setinggi tatapan, ia berkeliling sambil berteriak dan membunyikan klakson motornya.

Sudah tujuh hari ia berputar- putar, namun tak seorang pun mau membeli, Bahkan membuka pintu pun tidak. Penjual roti itu agak kecut. "Mungkin penghuni perumahan ini tak membutuhkan roti untuk sarapan," begitu pikirnya. Lalu ia memutuskan untuk berpindah ke lain tempat. Padahal ia sebentar lagi berhasil, tetapi karena keputusannya yang salah membuat keberhasilannya yang tinggal sebentarlagi menjadi hilang/hambar.

Keesokan hari, penjual roti yang lain memasuki perumahan itu. Baru ia membunyikan satu dua klaksonnya, beberapa ibu keluar, memanggil dan membeli roti untuk makan pagi, Ibu-ibu bercerita baru dua tiga hari ini mereka sadar bahwa sarapan roti ternyata bisa memudahkan pekerjaan pagi mereka. Kini mereka memutuskan untuk membeli roti.

Ah, betapa tipisnya jarak antara keputusasaan dan keberhasilan, seandainya penjual roti pertama masih bersabar maka ia sangat beruntung.

Untuk kita, Seandainya kita cukup bersabar bahwa belajar adalah sebuah proses bersama waktu, kita akan memetik hasilnya di waktu yang tak kita duga-duga.

Orang pandai tahu menyukseskan rancangan hatinya

  • Hamah. S

Perilaku setiap orang baik menurut penilaiannya sendiri, tetapi belumtentu bagi orang lain.

Olehkarena itu jangan memuji diri.

  • Hamah. S

Lebih riang tinggal pada sudut sotoh kampung dengan damai daripada hidup senegara dengan pemimpin yang tidak pengasih

  • Hamah. S

Melawan penguasa adalah memasang jerat bagi diri sendiri.

  • Hamah. S

Orang bijak tampak berwibawa

  • Hamah. S

Saat menghadapi kesulitan beberapa orang tumbuh sayap, sedangkan yang lain mencari tongkat penyangga.

Jika anda dalam kesulitan jangan tercengang, berusahalah.

  • Hamah. S

Permasalahan kalau dihayati dengan sungguh – sungguh adalah peluang bagi kemajuan dan kesuksesan kita.

  • Hamah. S

Kebebasan itu berasal dari manusia bukan berasal dari undang – undang atau institusi.

  • Clarence darow

Lebih mudah menambahkan sesuatu pada reputasi yang besar daripada untuk memperoleh reputasi itu sendiri.

  • Publyus syrus

Hanya kuda bodoh yang bisa duakali jatuh pada lubang yang sama.

Kebanyakan dari kita yakin bisa menipu orang lain dengan cara yang sama.

  • Hamah. S

Anda harus menghargai diri anda sendiri baru diri anda akan dihormati orang lain.

  • Hamah. S

Demi konsep, pikiran kita lahir

Demi konsep, pikiran kita mati dan

Demi konsep’pula kita terbebas dari kelahiran dan kematian.

olehkarena itu konsep dan pikiran anda selalu harus tepat, agar tidak salah membimbing orang.

  • Hamah. S

Luka cinta itu hanya dapat di obati dengan yang membuat luka itu.

  • Hamah. S

Lebih baik bersiap perang daripada berharap bahwa musuh tidak pernah datang atau menyerah adalah kecolongan besar. Dan keragu-raguan membuat anda ketimpangan.

  • Hamah. S

Berusahalah untuk tidak menjadi manusia yang berhasil tetapi berusahalah menjadi manusia yang berguna.

  • Albert Einstein

target dalam suatu pertandingan pasti sama bagi semua peserta yaitu kemenangan, namun setiap peserta mempunyai cara yang berbeda untuk meraihnya.

  • Hamah. S

Takut akan kegagalan tidak menjadi alasan bagi kita untk tidak mencoba sesuatu. Dan suatu kegagalan bukanlah merupakan kesialan, tetapi karena mungkin waktunya tidak tepat. Oleh karena itu jangan lupa untuk mencobanya besok, karena mungkin waktu yang tepat besok

  • Hamah. S

Kepemimpinan adalah anda sendiri dengan apa yang anda lakukan.

  • Freedrick Smith

Yang memisahkan yang terbaik dari yang jahat adalah hati.

  • Michael Jackson

Ketika satu pintu tertutup, pintu lain tebuka, namun kita melihat dan menyesali pintu tertutup tersebut sangat lama hingga kita tidak melihat pintu lain yang telah terbuka.

  • Alexander Grahambell

Jangan biarkan jatidiri anda menyatu dengan pekerjaan anda karena jika pekerjaan anda hilang jatidiri anda’pun ikut hilang.

  • Hamah. S

Elemen terpenting kita bukan pada otak kita, namun pada apa yang menuntun otak kita, kepribadian, hati, kebaikan dan ide – ide progresif yang brilliant.

  • Fyodor Dostoyevsby

Visi saja tidak cukup untuk dipercaya, ia harus digabungkan dengan perjuangan nyata. Dan orang tidak percaya pada misinya tetapi siapa orangnya, jika anda ingin menjadi pemimpin anda harus jual diri.

  • Hamah. S

Semua orang bijak adalah penghayal, mereka melihat segala sesuatu dibalik kabut, sebagian dari kita pasti mengalaminya termasuk anda, tetapi kita sering membiarkan khayalan – khayalan besar itu mati.

  • Hamah. S

Anda akan di katakana besar bukan karena kekekaran tubuh anda, atau suara anda tetapi karena kebesaran perlakuan sifat dan perbuatan anda.

  • Hamah. S

Jika anda yakin anda akan menang dalam suatu peperangan, majulah berperan!. Tetapi jika anda tidak yakin untuk memenangkannya maka mundurlah dulu untuk menyusun kekuatan hingga anda yakin bisa menang baru maju.

  • Hamah. S

Tindakan anda memiliki kekuatan yang lebih dahsyat untuk mempengaruhi orang lain daripada perkataan yang anda ucapkan.

Diantara tindakan dan ucapan yang dipercaya adalah tindakan.

  • Hamah. S

Tak ada orang bodoh di planet ini, tetapi orang – orang tersebut belum mendapat kesempatan dalam memperoleh apa yang orang lain peroleh.

  • Hamah. S

Mana yang benar; hukum Allah atau hukum yang dibuat manusia? jika hukum Allah, mengapa manusia tidak menerapkannya saja? mengapa manusia membuat hukum? Apakah Allah tidak adil dalam menghukum? Tidak benar bagi manusia untuk saling menghukum.

  • Hamah. S

Raihlah ilmu, dan untuk meraihnya kita harus belajar untuk tenang serta sabar dalam tahap peraihannya.

  • Hamah. S

Orang yang sangat saya hargai adalah orang yang bersedia mnunjukkan kesalahan – kesalahan saya dengan cara terhormat.

  • Hamah. S

Penderitaan jiwa mengarahkan keburukan

Putus assa adalah merupakan sumber yang menyesatkan

Penderitaan jiwa adalah hasil dari hati yang gelap

Kebingungan adalah hilangnya akal pikiran

  • Hamah. S

Kebersamaan dalam suatu masyarakat menghasilkan ketenangan dalam segala kegiatan sehingga tampak rukun dalam segala perilaku masyarakat itu,

Sedangkan saling bermusuhan menyebabkan seluruh kegiatan itu menjadi mandeg - hambar.

  • Hamah. S

Menghidupkan kembali agama berarti menghidupkan suatu bangsa, bermusuhan dengan suatu agama berarti bermusuhan dengan suatu bangsa, begitu pun sebaliknya. Dan hidupnya agama berarti adanya cahaya kehidupan.

  • Hamah. S









Pengetahuan tidak cukup bila sebatas mengetahui, tetapi kita harus mengembangkannya,

Niat tidak hanya cukup direncanakan tetapi kita harus maelakukannya

Segala kesuksesan bergantung pada poin – pon tersebut

Kearifan ditemukan hanya dalam kebenaran dan ilmu pengetahuan tanpa agama akan pincang.

  • Alberd Enstein

Ketakutan adalah penjara yang dibangun oleh diri sendiri yang selalu menghalangi niat kita.

  • Hamah. S

Lain guru lain pengajaran, Lain otak lain pemikiran, Lain hati lain penilaian

  • Hamah. S

Sesama pesaing takpernah saling mengakui

  • Hamah. S

Segala sesuatu yang dianggap special seringkali membuat kita berkata – kata dalam diri kita, hal ini biasanya memacu semangat setiap orang.

  • Hamah. S

Hati kita tidak bisa terukur kedalamannya oleh orang lain. namun lebih payah lagi bagi orang – orang yang tidak mengetahui kedalaman isihatinya adalah tidak tahu diri.

  • Hamah. S

Orang yang membiarkan massa lalunya mengendalikan massa depannya adalah tidak sadar ia telah menghukum dirinya sendiri dengan merusak keberhasilannya.

  • Hamah. S

Pikiran yang dikendalikan oleh ketakutan membuat orang kehilangan kesempatan – kesempatan besar.

  • Hamah. S

Tujuan menentukan apa yang harus dikerjakan dan apa yang tidak harus dikerjakan.

  • Hamah. S

Bila anda ingin efektif anda harus selektif

  • John. C. Maxwell

Orang berubah bukan dari paksaan atau intimidasi melainkan dari kesadaran.

Mengubah orang tidak dengan kekerasan atau kemarahan tetapi dengan teladan. Keteladanan adalah penunjuk arah dan kesadaran adalah ketepatan.

  • Hamah. S

Sifat kita entah menjadi sahabat terbaik kita atau asset termahal kita ataukah merupakan kewajiban kita

  • John. C. Maxwell

Mustahil bila seseorang berhasil dengan menggunakan otak yang ia miliki sendiri, melainkan dengan otak yang dapat ia pinjam.

  • Hamah. S

Selagi muda kita ingin mengubah dunia, Setelah tua kita ingin mengubah yang muda

  • Garth Henrick

Orang berhenti berpikir kalau ia sudah mati

  • Hamah. S

Jangan pernah patah semangatmu karena akan dikatakan mati walau anda hidup.

  • Hamah. S

Kalau orang menyukai anda tetapi tidak hormat kepada anda, ia akan menetap bersama anda tetapi tidak menjalankan perintah anda,

Kalau orang tidak menyukai anda tetapi hormat kepada anda, ia tak akan menetap bersama anda, tetapi ia selalu menjalankan perintah anda.

Untuk menjadi pemimpin yang efektif, anda harus mengupayakan kedua – duanya dari orang anda.

    • John c Maxwell

Ada dua hal yang sering terjadi bila kita lakukan segala sesuatu diluar dugaan.

Pertama : kegembiraan, karena mungkin hasilnya memuaskan

Kedua : penyesalan, karena mungkin tidak memuaskan.

  • Hamah. S

Orang yang hidupnya menyendiri adalah orang – orang yang melakukan hal – hal pribadi.

  • Hamah. S

Jangan sembunyikan apa yang pada akhirnya diketahui orang lain karena memalukan diri sendiri.

  • Hamah. S

Seorang pencipta tidak membutuhkan gelar atau kedudukan, tetapi yang dibutuhkan adalah imajinasi.

Dan memiliki pendidikan adalah terikat, tetapi memiliki imajinasi melingkar dunia.

  • Hamah. S

Kita menilai kita dari apa yang mampu kita lakukan, tetapi orang lain menilai kita dari apa yang telah kita lakukan

  • Hamah. S

Jika anda ingin berhasil dalam suatu sasaran, maka konsentrasilah pada sasaran – sasaran tersebut

  • Hamah. S

Keterampilan dan bakat anda adalah kelebihan anda yang akan membawa anda ke podium tertinggi

  • Hamah. S

Prestasi – prestasi yang anda peroleh akan mempertemukan anda dengan orang – orang besar.

  • Hamah. S

Kesibukan – kesibukan tidak menciptakan kita, tetapi kitalah yang menjadikannya demikian.

  • Hamah. S

Seorang penjahat hanya bisa dikenal sesaat, tetapi jika ingin dikenang, dikenal maupun diteladani maka jadilah orang sebaik mungkin.

  • Hamah. S

Anda akan menemukan bahwa semakin dalam anda tenggelam dalam persoalan – persoalan besar, semakin banyak pengalaman – pengalaman yang anda peroleh.

  • Hamah. S

Mustahil untuk berlaku sesuai dengan keinginan semua orang, walau seorang raja sekalipun.

  • Hamah. S

Pemikiran setiap orang tidak melebihi akal pikirannya.

  • Hamah. S

Persoalan individu dianggap lebih berat karena ditanggung sendiri tetapi enteng bila dilepas begitu saja karena tidak merugikan orang lain.

  • Hamah. S



Suatu pekerjaan yang dinantikan adalah hasil akhirnya, bukan pekerjaannya.

  • Hamah. S

Pembicaraan yang baik adalah pembicaraan yang tidak menimbulkan pertanyaan serta konflik perdebatan.

  • Hamah. S

Sudah bukan lagi masanya untuk menjadi remaja pasif! Setelah mulai sekitar 20 tahun lalu cara belajar siswa aktif dikampanyekan pemerintah, kini jadi remaja aktif tentu sudah seakan gerak reflek bagi Anda semua. Salah satu keaktifan yang perlu Anda pelajari dan latih adalah ketrampilan berbicara di depan umum, hal ini bukan saja tuntutan bagi kapasitas seorang pemimpin saja tetapi setiap manusia lainnya.

Dan biasanya dalam mencari suatu jawaban eksistensial atas pertanyaan – pertanyaan bagi setiap orang, dan manusia moderen biasanya sangat tertarik dengan kemungkinan “ultimatum”. Menurut saya itulah pertanyaan yang amat menawan hati, dan setiap menusia akan merasa tersentuh olehnya dalam sanubarinya.

Mengenai pertanyaan ini kita semua berkepentingan! Misalnya Manusia yang dulu suka menggunakan tanda seru, sekarang lebih banyak menggunakan tanda Tanya. Jangan pernah anda terlibat dalam hal itu, bila anda seorang pembicara perhatikanlah akan hal itu, karena biasanya manusia yang demikian bahkan ia sendiri akan menjadi suatu tandatanya kelak.

Dua tanda tata bahasa ini – tanda seru dan tanda Tanya – menyifatkan dua dunia yang sangat berbeda, dunia dulu dan dunia sekarang. Tanda seru itu meneguhkan, memberi percaya diri, menyuguhkan suatu pemecahan yang tuntas, menyingkirkan setiap pertanyaan serta kesangsian bahwa kebanyakan manusia mengajukan pertanyaan – pertanyaan atau membicarakan hal-hal yang sangat jauh dari pengetahuan dan kemampuan mereka, padahal tak sadar bahwa jawaban – jawabanya tidak jauh dari diri mereka, tetapi mereka dapat menyingkirkan setiap pertanyaan dan kesangsian, membawa ketenangan jiwa.

Dunia manusiawi yang disifatkan tanda seru itu adalah suatu dunia yang mantap, baku, aman, sudah tertentukan dan tertutup.

Disini terdapat kebenaran dan kepastian yang tak tergoyahkan, karena dunia ini lebih statis daripada dinamis, lebih konserfatif daripada progresif, lebih stabil daripada efolutif.

Sebaliknya dunia yang disifatkan tanda Tanya itu cenderung membuat pintu pembicaraan yang baru, membuka semua pintu yang dianggap sudah tertutup dan jendela yang tadinya tertutup’pun dibuka kembali.

Bahwa tandatanya cenderung membuat pintu persoalan yang baru. Dunia ini tidak membekukan pikiran, dan pikiran dengan kategori – kategori yang bersifat sementara, lebih menekankan pada relativitas dan historisitas. Dunia itu juga sangat dinamis, progresif dan efektif.

Dunia itu (dunia tanda tanya) cenderung untuk berusaha dalam menjelajahi serta membeberkan kemungkinan – kemungkinan termasuk yang paling ultimo. Dunia tanda Tanya banyak dibiarkan, tidak terisi, karena dunia tandatanya itu sendiri penuh kesiksaan dan ketidak pastian bagi dunia baru.

Hal itu berlaku dalam kehidupan yang membahayakan “living dangeraously”. Kenyamanan dunia tanda tanya akan berubah dengan suasana yang tidak aman, bahkan dengan keterbatasan serta keterbukaan persoalan yang kian mencuat bak air yang penuh beban, sehingga dalam setiap perubahan selalu diawali dengan ketidak nyamanan antara pembicaraan

Tetapi semuanya itu akan lancar bila mana pembicaraan ataupun jawaban anda baik. “Pembicaraan yang baik adalah pembicaraan yang tidak menimbulkan pertanyaan dan masalah”. Hal ini kebanyakan terjadi pada orang – orang atau anak – anak yang mungkin sudah lama tenggelam dalam hal kepemimpinan!

Oke, Anda sekarang mungkin sering menderita demam panggung jika diperintah maju oleh guru. Gemetar, keringat dingin keluar, dan bicara pun tergagap-gagap.

Malu dong kalo seorang pemimpin muda seperti itu! Nah, inilah saatnya Anda mengobati demam panggung itu.

Bicara di depan umum merupakan ketrampilan yang sangat berguna; Anda perlu memilikinya, Apalagi kita adalah pemimpin-pemimpin muda yang diwajibkan untuk berani.

Gimana kalo suatu hari nanti Anda ditunjuk untuk memberi ceramah? Karena itu, ketrampilan bicara di depan umum perlu kita pelajari dan latih.

Berikut ini langkah-langkah praktis yang mungkin dapat membantu untuk meningkatkan kemampuan berbicara efektif, sehingga apabila ada kesempatan ditunjuk menjadi pembicara tidak lagi terjadi ‘demam panggung’, tetapi justru menyenangkan.

Siap Sebelum Bicara

Ada 6 hal yang perlu dipersiapkan dalam berbicara efektif, yaitu: mengapa, siapa, di mana, kapan, apa dan bagaimana.

Mengapa: ‘Menetapkan Sasaran’. Hal pertama yang harus jelas dalam pikiran Anda sebagai pembicara adalah menetapkan sasaran pembicaraan. Penetapan sasaran sangat membantu dalam menentukan arah pembicaraan dan juga bermanfaat dalam memilih bahan yang sesuai dengan sasaran.

Pada umumnya sasaran pembicaraan dapat dikelompokkan berdasarkan tujuan, misalnya presentasi tugas, memimpin rapat, mengisi kajian, dan sebagainya.

Siapa: ‘Pendengar’. Meneliti apa dan siapa pendengar dapat membantu dalam menetapkan bahan yang akan disampaikan dan meyakinkan diri Anda bahwa Anda menyampaikan bahan pembicaraan kepada pendengar yang tepat.

Hal yang perlu diketahui dari sidang pendengar antara lain :

  1. Berapa banyak orang yang hadir?

  2. Mengapa mereka hadir di ruang tersebut?

  3. Bagaimana tingkat pengetahuan yang mereka miliki atas topik pembicaraan?

  4. Apa harapan mereka atas topik pembicaraan?

  5. Bagaimana usia, pendidikan, dan jenis kelamin mereka?

Di Mana: ‘Tempat dan Sarana’. Penting bagi Anda untuk mengetahui dan memperhatikan tempat pembicaraan akan dilaksanakan. Berikut ini beberapa hal yang perlu menjadi perhatian bagi pembicara :

  1. Melakukan praktek. Apabila pembicaraan dilaksanakan pada ruang yang besar dan luas, maka akan lebih baik untuk mencoba suara terlebih dahulu, sebelum betul-betul berbicara di depan sidang pendengar.

  2. Mempelajari sarana yang tersedia. Sangat bermanfaat, bila Anda lebih dahulu melakukan latihan untuk dapat mengoperasikan tombol-tombol lampu, slide projector, dan OHP (Over Head Projector).

  3. Meneliti gangguan yang mungkin timbul. Anda perlu mewaspadai gangguan yang mungkin timbul, misalnya pembicaraan dilakukan dekat jalan raya sehingga suaramu harus dapat mengalahkan suara kendaraan yang lewat.

  4. Tata letak tempat duduk. Tata letak tempat duduk perlu diperhatikan, diatur, dipersiapkan, dan dikaitkan dengan sasaran pembicaraan.

Kapan: Waktu. Berapa lama waktu yang diperlukan dalam pembicaraan? Anda perlu memperhatikan manajemen waktu.

  1. Waktu penyelenggaraan sangat mempengaruhi. Biasanya, waktu sesudah makan siang dikenal sebagai waktu ‘kuburan’. Pendengar yang sudah makan kenyang, apalagi jika makanan yang disajikan enak rasanya, akan membuat pendengar lebih tertarik untuk ‘berngantuk ria’ daripada mendengarkan pembicaraan.

  2. Berapa lama waktu yang digunakan.Anda perlu memperhatikan waktu, misalnya waktu untuk pembahasan, waktu istirahat, atau waktu tanya jawab. Agar punya manajemen waktu yang baik, maka perlu latihan terlebih dulu.

  3. Masalah konsentrasi,Sangat sulit bagi pendengar untuk berkonsentrasi penuh selama lebih dari 2 jam. Apalagi bila mereka merasa bahwa pembicaraan Anda tidak menarik, tidak bermanfaat, dan tidak berminat. Umumnya seseorang dapat berkonsentrasi penuh pada 20 menit di awal pembicaraan, setelah itu konsentrasi akan menurun sedikit demi sedikit.

Apa: “Bahan yang Akan Digunakan”. Agar sasaran pembicaraan dapat dicapai, maka persiapan bahan perlu dilakukan. Berikut ini beberapa saran dalam pemilihan bahan:

  1. Menyusun dan memilih bahan, Susunlah pokok-pokok pembicaraan. Sebaiknya pada 45 menit pertama jangan terlalu banyak pokok-pokok yang akan disampaikan. Dalam pemilihan bahan perlu diperhatikan: sasaran pembicaraan, waktu yang tersedia, pendengar, mana bahan yang harus diberikan dan bahan yang tidak perlu diberikan.

  2. Gunakan conto, Sederhanakan informasi yang sulit dan kompleks. Gunakan juga contoh-contoh yang benar-benar terjadi dan kaitkan dengan pokok-pokok yang ingin disampaikan.

  3. Membuka dan menutup pembicaraa, Dalam membuka pembicaraan perlu dirancang agar dapat menimbulkan minat pendengar, dapat menimbulkan rasa butuh dari pendengar, dapat menjelaskan garis besar dan sasaran pembicaraan. Dalam menutup pembicaraan, Anda harus dapat menyimpulkan hal-hal yang telah dibicarakan.

  4. Membuat catatan-catatan, apa yang ingin dibicarakan. Beberapa cara yang dapat digunakan untuk mengingat urut-urutan dalam pembicaraan adalah membuat catatan tertulis dengan menggunakan kartu-kartu atau kertas kecil. Hal yang dituliskan dalam kartu sebaiknya kata-kata kunci saja dan waktu yang digunakan untuk membicarakan apa yang tertulis di setiap kartu.

Bagaimana: “Teknik Penyampaian". Penggunaan kata merupakan basis komunikasi, tetapi dalam kenyataannya keberhasilan dalam pembicaraan tidak hanya ditentukan dari penggunaan kata saja, tetapi justru penggunaan nonkata. Bicara di depan umum yang berhasil seharusnya memenuhi persentase kontribusi sebagai berikut : 7%: penggunaan kata 38%: penggunaan nada dan suara55%: penggunaan ekspresi muka, bahasa tubuh, dan gerakan tubuh

  • Pemilihan kata, Kata-kata yang digunakan sebaiknya disesuaikan dengan taraf pendengar, begitu juga penggunaan istilah. Sadari bahwa penggunaan kata-kata yang tidak tepat akan menimbulkan masalah.

  • Teknik penyampaian berita, Tidak banyak orang yang mampu menyampaikan berita dengan efektif. Hal-hal yang perlu diperhatikan dalam menyampaikan berita, antara lain: Gunakan ekspresi dan intonasi yang tepat. Diam sejenak untuk membantu peserta agar dapat mencerna materi yang sudah diterima. Bicara dengan jelas dan teratur. Bicara dengan volume memadai.

  • Bahasa tubuh, Di samping penyampaian dengan menggunakan kata, maka kesuksesan dalam pembicaraan justru bergantung pada hal yang non kata, seperti: gerakan tubuh, tangan, kontak mata, cara berdiri, dan ekspresi muka. Jangan terpaku di satu tempat seperti patung atau sibuk membaca catatan. Berikut ini beberapa saran untuk mengatasi masalah tersebut, antara lain:

  • Tatap mata pendengar, Kontak mata pembicara adalah vital untuk mengetahui apakah pendengar mengantuk, bosan, tidak paham, atau nampak tidak tertarik serta untuk mempertahankan minat pendengar atas apa yang Anda sampaikan.

  • Senyum, Manfaat dari tersenyum adalah mengendorkan ketegangan.

  • Hindari membuat jarak, Anda perlu mendekatkan diri dengan pendengar. Kalau Anda bicara di depan kelas yang pesertanya duduk, Anda bisa jalan-jalan di antara meja mereka. Berdiri di belakang meja atau di belakang papan tulis akan menciptakan jarak dengan pendengar.

  • Berdirilah yang tegak tapi tidak kaku,Berdiri tegak dan kaku, dapat menciptakan ketegangan.

  • Sadari, kecenderungan untuk jadi pusat perhatian Ini tidak berarti pembicara harus berdiri dengan kaku, tapi gerakan-gerakan tangan perlu ada untuk yang ingin disampaikan. Hindari berlebihan menggunakan gerakan, hindari juga mengulang kata-kata yang sama.

  • Berusahalah sewajar mungkin, Agar bisa bertingkah laku secara wajar, berhentilah untuk mencemaskan diri sendiri. Cara yang efektif untuk bisa menjadi wajar adalah dengan latihan bicara di depan kamera sehingga pembicara dapat melihat diri sendiri atau bicara di depan teman-teman.

Meningkatkan Kualitas Banyak cara yang dapat digunakan dalam rangka menghidupkan suasana pembicaraan, apalagi bila waktu bicara cukup panjang. Beberapa cara yang dapat Anda gunakan antara lain:

1. Partisipasi sidang pendengar Metode diskusi kelompok, dengan cara membagi pendengar menjadi kelompok-kelompok kecil dan kemudian setiap kelompok kecil diberi tugas, pertanyaan, atau kuis kemudian diminta mempresentasikan jawabannya di depan pendengar yang lain akan meningkatkan partisipasi pendengar dan menghidupkan suasana.

2. Sesi untuk tanya jawab Memberi kesempatan kepada peserta untuk mengajukan pertanyaan dapat menguji apakah materi sudah dapat ditangkap dengan baik oleh pendengar.

3. Antusiasme Tunjukkan antusiasme pembicara sewaktu menyampaikan materi.

4. Situasi yang menyenangkan Ciptakan situasi yang menyenangkan dan tidak menegangkan/mengancam.

5. Pendengar yang ‘sulit’, Tidak seluruh pendengar adalah pendengar yang kooperatif dan positif, mungkin saja ada peserta yang ‘sulit’. Sebaiknya, jangan menimbulkan pertentangan langsung dengan peserta tersebut atau mempermalukannya di depan peserta lain.

  1. Gunakan alat Bantu, Alat bantu dapat mendukung pembicara dalam menyampaikan gagasan atau berita. Tiga kelompok alat bantu yang dapat mendukung pembicaraan adalah menstimuli: Visual, Hearing dan Feeling (VHF).

Visual : papan tulis, OHP, video Hearing – efek suara Feeling – makalah/hand out. Nah,

itu tadi beberapa kiat agar Anda bisa jadi pembicara yang efektif di depan umum. Sekarang, tinggal Anda mau melatih diri Anda atau tidak. Teori di atas tidak berguna kalo Anda tidak melatih diri Anda. Seseorang dapat menjadi pembicara yang handal karena banyak berlatih, kata-kata bijak mengatakan: bisa karena biasa. Selamat mencoba , semoga berhasil menjadi pembicara di depan umum!

Untuk mencapai suatu sasaran tertentu kita harus mempunyai tips.

  • Hamah. S

Keberanian bukanlah ketidak hadiran rasa takut, tetapi melakukannya dan ketakutan itu hanya perasaan ketidak percayaan diri yang membuat kita gagal

  • Hamah. S

Keberanian bukanlah ketidak hadiran rasa takut, tetapi melakukannya, dan ketakutan itu hanya perasaan ketidak percayaan diri yang membuat kita gagal dan ketakutan seringkali membuat kita kehilangan kesmpatan-kesempatan besar, dan ketakutan membuat suatu rencana menjadi gagal. ingat bahwa orang-orang sukses bukan tidak memiliki perasaan ketakutan, tetapi ketakutan tetap hadir dalam keberanian mereka, namun mereka senangtiasa melakukan hal-hal yang orang lain takuti. Ketakutan itu hanya perasaan ketidak percayaan diri kita yang dibangun oleh pikiran kita bagai tahanan lapis baja yang dibangun sedemikian adanya yang mampu mengganjal impian – impian kita.

Tetapi janganlah kawatir dengan suatu kegagalan yang benar-benar dari apa yang telah anda coba, namun anda harus tahu bahwa Kegagalan biasanya merupakan langkah awal menuju sukses, tapi sukses itu sendiri sesungguhnya baru merupakan jalan tak berketentuan menuju puncak sukses, dan suatu kehidupan yang penuh kesalahan tak hanya lebih berharga namun juga lebih berguna dibandingkan hidup tanpa melakukan apapun.

Orang – orang yang mampu melakukannya adalah orang pandai yang memiliki dua macam pengetahuan yaitu : yang telah mereka ketahui dengan sendirinya (kelebihan / bakat) dan yang hanya mereka ketahui dimana ia bisa dapatkan (pengetahuan polesan), dan Sesungguhnya tidak ada sesuatu yang disebut Nasib, atau suatu kebetulan namun itu hanyalah masalah kurang berlatih rohani kita. Tetapi kegagalan atau keberhasilan duniawi bukanlah tujuan yang penting.

Kadang-kadang kegagalan adalah keberhasilan, sebaliknya keberhasilan adalah kegagalan.

Kita harus menilainya dengan mata kebijaksanaan rohani. Anda mesti bekerja sendiri, kita semua, sampai Anda memahami apa adanya dirimu, dan tidak tergantung pada segala sesuatu. Bersikap teguhlah! Jangan terlalu banyak menaruh kepentingan pada keberadaan fisik Anda; Berikan makanan secukupnya; berikan tubuh makanan secukupnya, pakaian secukupnya, latihan secukupnya, hanya itu saja.

Bila anda cantik atau ganteng, jangan terlalu menjadikannya sebagai suatu perbandingan pribadi anda tetapi lepaskan diri anda dari etimologi pemikiran yang mengikat sedemikian. Hal itu membuat anda menjadi terbeban, anda semakin tertekan dalam menjaga perbandingan-perbandingan tersebut; jangan mengikat diri anda dengan pemikiran-pemikiran yang menurut anda merupakan nilai tambah namun kenyataannya membuat anda tidak bebas. Jadilah diri anda seadanya, itu lebih baik. Jadikan tubuh itu menyenangkan dan itu sudah cukup. Kalau tidak kita akan selamanya terikat pada dimensi fisik. Apapun yang terlalu kita perhatikan, kita akan terikat dengannya. Saya juga harus bekerja untuk pemahaman saya, kemungkinan saya bekerja lebih cepat dari Anda, tetapi cepat atau lambat anda juga akan sampai.

berikutnya jangan membeda-bedakan pekerjaan mana yang baik dan mana yang buruk. Masalah muncul biasanya akan jika kita membeda-bedakan dan memihak sesuatu. Kerjakanlah sesuatu secara tulus dan wajar, dan segalanya akan baik. Kesempurnaan terletak pada motivasi kerja, bukan pada pekerjaan, namun untuk melakukan hal-hal yang besar, kita mesti sempurnakan hal-hal yang kecil. Perhatikan Orang-orang yang termasyur, mereka sangat penuh perhatian pada rincian hal-hal yang kecil. Itulah bagaimana mereka menjadi termasyur, dan mereka selalu mengerjakan segala sesuatu sampai tuntas dan sempurna. Jangan selalu berlebih-lebihan dalam pekerjaan, Anda tidak tahu kapan untuk berhentinya! Inilah masalah yang sebenarnya kita harus tahu.


Jika anda melekat pada suatu kesuksesan, anda tidak akan berkembang lagi.


  • Hamah. S




Tidak ada prajurit jelek kalau pemimpinnya baik.


  • Hamah. S


Alasan adalah sesuatu yang harus dipertanggungjawabkan kelak


  • Hamah. S

Kualitas pemimpin ditentukan oleh :

1. Kebijaksanaan.

2. Kepercayaan diri.

3. Belas kasihan.

4. Keberanian.

5. Keteguhan.

  • Hamah. S

Dukunglah karir sahabat anda sepenuhnya, maka anda akan dihormati olehnya.


  • Hamah. S


Salah satu cara memecahkan masalah adalah jangan memulai dengan mempersoalkan bagaimana masalah itu terjadi, tetapi mulailah dengan bagaimana masalah tersebut dapat terselesaikan


  • Hamah. S



Usaha pencarian kebenaran dan keindahan merupakan kegiatan yang memberi peluang bagi kita untuk menjadi kanak-kanak sepanjang hayat.


Gravitasi tidak bertanggung-jawab atas orang yang jatuh cinta.” “Kebahagiaan dalam melihat dan memahami merupakan anugerah terindah alam.


Kecerdasan tidak banyak berperan dalam proses penemuan.

Ada suatu lompatan dalam kesadaran, sebutlah itu intuisi atau apapun namanya,solusinya muncul begitu saja dan kita tidak tahu bagaimana atau mengapa.


"Akal sehat adalah kumpulan prasangka yang didapat sejak usia 18 tahun."


" “Barangsiapa yang tidak pernah melakukan kesalahan, maka dia tidak pernah mencoba sesuatu yang baru.


"Jika A sama dengan kesuksesan, maka rumusnya adalah A=X+Y+Z. X adalah kerja, Y adalah bermain, Z adalah menjaga mulut agar tetap bungkam."


Satu-satunya alasan adanya waktu adalah supaya segala sesuatu tidak terjadi pada saat yang bersamaan.


Hanya seseorang yang mengabdikan dirinya untuk suatu alasan dengan seluruh kekuatan dan jiwanya yang bisa menjadi seorang guru sejati. Dengan alasan ini penguasaan menuntut semuanya dari seseorang.


Nilai manusia yang sesungguhnya pada dasarnya ditentukan oleh ukuran dan rasa yang telah mencapai pembebasan dari dirinya sendiri.

Bagaimana mungkin engkau menjelaskan fenomena biologis yang sedemikian penting seperti cinta pertama dalam pengertian kimia dan fisika ?


Seseorang baru memulai hidup jika dia bisa hidup di luar dirinya sendiri.


Segala sesuatu hendaknya dibuat sesederhana mungkin, tapi bukan menjadi lebih sederhana.

  • Albert einstein


Saya tak pernah menjumpai seseorang yang menderita karena terlalu banyak bekerja. Lebih banyak orang yang menderita karena terlalu banyak ambisi tetapi tak cukup berusaha.

  • Dr. James Mantague

Kesempatan anda untuk sukses di setiap kondisi selalu dapat diukur oleh seberapa besar kepercayaan anda pada diri sendiri.

  • Robert Collier

Orang bijak adalah dia yang hari ini mengerjakan apa yang orang —censored— akan mengerjakannya tiga hari kemudian.

  • Abdullah Ibnu Mubarak

Apa perbedaan antara hambatan dan kesempatan? Perbedaannya terletak pada sikap kita dalam memandangnya. Selalu ada kesulitan dalam setiap kesempatan; dan selalu ada kesempatan dalam setiap kesulitan.

  • J. Sidlow Baxter

Jika anda membiarkan sesuatu yang kecil berlalu, anda akan menemukan kedamaian yang kecil juga. Jika anda membiarkan lebih banyak hal berlalu, anda akan meraih lebih banyak kedamaian. Jika anda benar-benar membiarkan seluruhnya berlalu, anda akan mendapatkan seluruh kedamaian.

  • Ajahn Chah

Pandanglah hari ini. Kemarin sudah menjadi mimpi. Dan esok hari hanyalah sebuah visi. Tetapi, hari ini yang sungguh nyata, jadikanlah kemarin sebagai mimpi kebahagiaan, dan setiap hari esok sebagai visi harapan anda.

  • Hamah. S

Kesuksesan berjalan dari satu kegagalan ke kegagalan yang lain, tanpa kita kehilangan semangat.

  • Abraham Lincoln

Bila anda memerlukan kata-kata untuk menggambarkan pengetahuan dan pemahaman tetapi tidak mampu untuk melakukannya, itu seperti burung dalam sangkar, ia Memiliki sayap namun tak bisa terbang.

  • Kahlil Gibran

Sebuah tong yang penuh dengan pengetahuan belum tentu sama nilainya dengan setetes budi.

  • Phytagoras







Perkembangan otak yang baik akan melahirkan imajinasi yang besar, dan tidak ada prestasi nyata yang tidak dimulai dari imajinasi seseorang. Penemuan segala sesuatu mulai ketika seseorang berimajinasi dan maju mundurnya kecerdasan berpikir anda bergantung berapa besar daya pikat imajinasi (daya khayal ) anda.

  • Hamah. S

Ada 7 Hal yang mempengaruhi perkembangan “otak" yang perlu di ketahui:

1. Prasangka Negatif
2. Pengaruh Prinsip hidup
3. Pengaruh Pengalaman
4. Pengaruh Kepentingan/prioritas
5. Pengaruh Sudut pandang
6. Pengaruh Pembanding
7. Pengaruh Literatur



sebelum anda dipercayakan dalam hal-hal besar, terlebih dahulu anda dipercayakan pada hal-hal kecil

  • Hamah. S

  • Orang berpengalaman belum tentu pintar, namun orang pintar pasti berpengalaman.

  • Kekalahan dan Kesalahan datang dari diri sendiri

  • anda ” GILA” jika melakukan hal yang sama dengan mengharapkan hasil yang berbeda-beda

  • Pintar dan Jenius itu berbeda

  • Hidup yang disia-siakan adalah kematian yang dipercepat

  • Jangan Pernah anda mengatakan Lebih Pintar dari orang lain, meskipun kenyataannya demikian

  • Hamah. S







Mencintai orang yang tidak mencintai anda adalah menyakitkan, Namun lebih menyakitkan ketika kita mencintai seseorang tetapi tidakpernah mengungkapkannya.

  • Hamah. S

Memang menyakitkan ketika kita mencintai seseorang, namun ia tak membalasnya, tetapi yang lebih menyakitkan adalah ketika kita mencintai seseorang dan kita tidak pernah dapat menemukan keberanian untuk mengungkapkan perasaan kita padanya. Sebuah hal yang menyedihkan dalam hidup ketika kita bertemu dengan seseorang, yang sangat berarti bagi kita, hanya untuk mengetahui pada akhirnya seseorang tersebut tidak ditakdirkan untuk bersama kita, sehingga kita harus dengan berat hati membiarkannya pergi dan berlalu.

Teman terbaik adalah teman dimana ketika kita duduk bersama disebuah ayunan, tanpa ada ucapan sekatapun, dan ketika harus berpisah dengannnya, terasa seolah hal tersebut merupakan percakapan paling menyenangkan yang pernah dilakukan bersama. Adalah benar bahwa kita takkan pernah tahu apa yang telah kita dapatkan hingga kita kehilangannya. Tetapi adalah benar juga, ketika kita tidak tahu apa yang telah hilang hingga hal tersebut menghampiri kita. Impikan saja apa yang ingin kita impikan, pergi saja kemanapun kita ingin pergi, jadilah sebagai sosok yang kita inginkan, karena kita hanya memiliki satu buah kehidupan dan kesempatan untuk dapat melakukan semua hal yang kita inginkan.

Letakkan diri kita sebagai layaknya orang lain, jika kita merasa hal yang kita lakukan akan menyakiti diri kita, hal tersebut mungkin akan menyakiti yang lain pula. Kata-kata yang terucap tanpa perhitungan mungkin akan menyulut perselisihan, perkataan yang kejam dapat menghancur- kan kehidupan, sebuah kata yang tak tepat mungkin juga mampu menambah beban batin seseorang, dan... sebuah kata yang penuh cinta kasih mungkin dapat menyembuhkan dan memberikan berkah.

Orang yang paling bahagia adalah orang yang tidak merasa selalu membutuhkan semua hal terbaik, mereka hanya berfikir bagaimana mencipta semua hal menjadi terbaik bagi mereka, yang berlalu dalam hidupnya. Cinta dimulai dengan sebuah senyum, kemudian tumbuh dengan sebuah kecupan, dan berakhir dengan air mata.

Ketika kita dilahirkan, kita menangis begitu kerasnya, sementara orang- orang disekeliling kita tersenyum bahagia, karena mereka mencintai kita dengan penuh perhatian bahwa akan kita membalasnya dengan kasihsayang kelak kepada mereka juga. Ketika kita menanggalkan hidup maka, kita adalah pihak yang tersenyum begitu bahagia... sementara orang disekeliling kita menangis karena kita adalah salah satu dari orang-orang yang menberi cinta, Tetapi Allah Maha tahu keadaan kita, lebih tahu daripada kita sendiri Dia tidak akan pernah meninggalkan kita, oleh karena itu hadapilah setiap persoalan sesuai tuntunanNya sambil bergantung hanya kepada-Nya, Jangan terjebak oleh rasa takut sebelum menghadapi persoalan, sudah sering kita cemas dan gentar diawal, tapi sesudah dihadapi ternyata tak segawat yang diduga dan Berani hidup berarti harus berani menghadapi masalah, jangan takut dan gentar, hadapi dengan kasih yang benar dan percayalah, karena setiap masalah sudah diukur Allah sesuai kemampuan kita.

Gelas bening berisi air bening mudah nampak kotoran yang masuk; Hati beningpun demikian mudah tahu dan sadar setiap kali berbuat kesalahan, peka dan mudah bertobat.

Persoalan cinta adalah bagian dari kehidupan kita, pasti ada, Mencegah berarti meminimalkan adalah kebaikan, tapi lari dari masalah cinta berarti membesarkan bencana.

Gelas kotor berisi air keruh tak bisa mendeteksi kotoran yang masuk, Begitulah hati yang keruh dan kotor tak mau mengaku bersalah walau berlumur dosa”. Dan Sikap emosional kita adalah ciri belum terampil mengendalikan diri. Bagaimana mungkin mengendalikan orang lain dengan baik, bila diri sendiri kurang terkendali, Jangan emosi! Karena Kekuatan terhebat dan terdahsyat dari seorang pemimpin adalah keteladanan. Jangan menyuruh sebelum menyuruh diri, jangan melarang sebelum melarang diri.

Rasakan manfaatnya, Alangkah indahnya hari ini jika kita awali dengan wajah cerah, senyum tulus, kata – kata penuh semangat dalam kebaikan, tak ada yang terganggu, yang ada hanya manfaat dan manfaat, damai dan sukacita.

Perubahan adalah sesuatu yang pasti terjadi, siapapun yang tak siap dengan perubahan dan tak sungguh – sungguh merubah diri menjadi lebih baik niscaya akan berat menghadapi hidup ini.

Hati yang bening akan peka terhadap ladang kebaikan, sehingga apapun yang dia lihat menjadi ladang terbaik imannya, walau sekecil apapun, misal memungut puntung rokok. Karena air yang menetes terus menerus walau kecil akan melubangi batu. Begitulah kelembutan yang konsisten / kasih , merupakan kekuatan merubah sekeras apapun hati.

Hati – hati ! Kebiasaan mudah mengkritik dan mengoreksi orang lain tanpa memperhatikan niat, etika, dan suasana, niscaya akan membuat kita dijauhi dan tak disukai.

Keberanian untuk mengatakan “Tidak Tahu” untuk yang tidak diketahui jauh akan lebih menenangkan dan dihormati daripada selalu ingin kelihatan serba tahu atau sok tahu.

Kesombongan merupakan tanda kebodohan, bodoh tidak tahu bahwa dirinya milik Tuhan, dan bodoh tidak tahu bahwa kesombongan tidak menambah selain kehinaan.

Bila cermin kotor, bagaimana mungkin digunakan untuk bercermin orang lain, sedang bercermin diri saja sulit. Begitulah jika hati kotor sulit jadi teladan, karena menilai diri saja tidak bisa.

Kemarahan yang tidak pada tempatnya dan tidak dengan cara yang tepat, lebih banyak menimbulkan masalah baru daripada menyelesaikan masalah yang ada, dan Tidak akan tepat dan adil dalam mengambil keputusan, kecuali kita harus mengawalinya dengan mencari informasi, data, dan fakta seakurat dan selengkap mungkin dalam memutuskannya serta tidak emosional.

Kurangi kebiasaan menyuruh dan melarang, karena yang penting adalah membuat orang paham, bila paham orang akan melaksanakannya sendiri dengan kesungguhan dan ketulusan.

Jangan terpukau oleh tingginya jabatan, tetapi ingat akan tingginya resiko yang dipikul. Jangan terpesona oleh besarnya kekuasaan, tetapi ingat akan besarnya tanggung jawab dan ingat ! lari dari tanggung jawab adalah perbuatan yang amat hina, termasuk perbuatan munafik. Kehormatan dan harga diri seorang pemimpin adalah kemampuan memikul tanggung jawab.

Pemimpin yang baik bukan yang menuntut bawahannya harus bekerja dengan baik, tetapi sampai sejauh mana dia membantu anggotanya bisa bekerja dengan baik.

Sikap arif dan bijaksana adalah kemampuan seseorang untuk memilih yang utama diantara yang terbaik. Oleh karena itu hanya orang yang gemar melakukan yang terbaiklah yang bisa berbuat bijaksana serta kerendahan hati seorang pemimpin merupakan tanda kekuatan dan kematangan pribadinya, yang tidak menjadi sombong dengan kedudukannya. Karena kesombongan tanda kelemahan.

Ciri keteladanan kita kurang tulus adalah : banyaknya keluhan dan kekecewaan diri serta melemahnya semangat kita melihat tim belum mengikuti yang dicontohkan, dan komentar spontan kita mungkin hanya satu patah kata, tetapi bisa melukai hati dan menimbulkan kebencian mendalam. Oleh karena itu waspadalah walau hanya sepatah kata tetapi kita semakin menjadi pemarah, maka semakin tak disukai siapapun. Karena kata, sikap, dan keputusan pemarah lebih cenderung memuaskan emosional kita, menyakiti orang lain, dan tidak adil, Tetapi Belajarlah menjadi orang yang mempunyai kepribadian yang kuat dengan mengambil pelajaran terhadap apa yang telah kamu alami. Percayalah, Tuhan sudah punya cerita bagi setiap ciptaannya dan Belajarlah Untuk selalu bisa menghargai pendapat orang lain..ambil lah yang kamu anggap bermanfaat, dan saling menasehatilah kamu dalam hal kebaikan, karena kita tidak akan bisa hidup tanpa Teman dan Orang Lain.

Kebersihan dan Kerapihan mencerminkan dari jiwa dan suasana hati dari seseorang..mulailah dari hal-hal kecil, karena kebersihan adalah sebagian dari iman dan hidup ini ibarat Seperti "KaizenDojo"(pertarungan yang tiada henti) Jadi selalu berusahalah untuk bisa memenangkan setiap pertarungan dalam hidup kita. Karena hidup tak pernah lepas dari masalah,.Ucapkanlah "Selamat Datang Masalah" jika kita di datangi masalah dan hadapi dengan senyuman

Untuk menerima pendapat orang lain atau untuk memahami maksud dari orang lain, kita harus membuka diri

  • Hamah. S

Untuk menerima pendapat orang lain atau untuk memahami maksud dari orang lain kita harus membuka diri, Tidak akan bisa bagi siapa saja yang dengan dirinya yang begitu tertutup bisa menerima atau mengerti maksud dan tujuan dari orang yang berbeda sebelum ia membuka diri. Dalam pengertian bahwa bila kita dengan perbedaan pendapat, ide maupun hati yang tidak nyambung atau pemikiran yang terhalang oleh hal-hal tertentu membuat kita tidak akan pernah nyambung dengan ide, maksud atau pendapat orang lain.

Misalnya saja; “ anda memegang dua caruk cangkir dimana secaruknya berisikan air dan secaruknya kosong dengan tutupan yang rapat, nah coba anda tuangkan air dari caruk yang satunya ke caruk yang kosong apakah airnya bisa masuk walau cangkirnya tertutup rapat? Saya yakin anda mengerti akan hal itu.

Untuk lebih cepat dalam mengerti akan segala sesuatu yang baru! Terlebih dahulu kita harus membuka diri kita atau menyesuaikan diri kita, merendahkan diri kita, siap mengikutinya, dan berusahalah agar jangan ada penghalang-penghalang lain yang menghasut alam pikiran kita.



Seorang penasehat hanya bisa menasehati kita, tetapi kitalah yang akan menjadikan siapa kita sebenarnya.

  • Hamah. S

Salah satu cara utnuk anda lulus dalam ujian adalah anda harus menempuh ujian tersebut.

  • Hamah. S

Hal tersulit dalam hidup adalah bagaimana anda belajar dari kesalahan. Kesuksesan dan kegagalan terlihat dari seberapa cepat anda bereaksi terhadap masalah.

  • Hamah. S

Hal tersulit dalam hidup adalah bagaimana anda belajar dari kesalahan. Kesuksesan dan kegagalan terlihat dari seberapa cepat anda bereaksi terhadap masalah. Memang menyesali kesalahan itu penting tetapi lebih penting adalah bagaimana mempelajari kesalahan itu dan memperbaiki kesalahan itu dengan tidak mengulangi akan kesalahan-kesalahannya.Isilah masa mudamu dengan berbagai kegiatan positif, agar tak ada penyesalan dikemudian hari, perbanyak ilmu pengetahuan karena ilmu takkan pernah mati dan masa tuamu pasti akan lebih bijak, karena pengalamanmu.

Namun Belajarlah untuk mencintai orang lain,karena mencintai tidak semua orang bisa melakukannya, mencintai berarti melayani dengan sepenuh hati dengan cinta dan pelayanan, maka hidupmu akan lebih berarti. Janganlah berharap sesuatu dari orang yang kamu cintai, berusahalah memberikan yang terbaik kepadanya, maka kamu akan mendapatkan arti cinta.

Jangan pedulikan caci maki orang lain kepadamu, berjalanlah terus asal yang kamu kerjakan bermanfaat bagi orang lain.

Anggapsaja perkataan orang-orang itu tidak ada artinya bagi anda, perlu diketahui bahwa di planet ini tidak ada manusia yang sempurna.

Di negeri orang buta, orang yang bermata satulah yang memimpin, oleh karena itu untuk bisa berhasil anda cukup berusaha tiap hari, tak perlu hebat.

Untuk mengetahui perilaku hidup suatu suku bangsa, cukup anda mempelajari budayanya

  • Hamah. S

Yang diutamakan adalah yang terutama bukan yang kedua

  • Hamah. S

Jika hidup kita selalu diisi dengan omongkosong maka hasil yang kita peroleh adalah kosong

  • Hamah. S

Salah satu cara terbaik mencapai kesuksesan adalah, mengenang hari kemarin belajar hari ini dan menyiapkan hari esok

  • Hamah. S

Belajarlah untuk menjadi orang yang berguna, maka anda akan berhasil

  • Hamah. S

Jika anda adalah seseorang yang kecil, bergabunglah bersama perkumpulan segerombolan kecil maka anda akan kuat dan selamat.

  • Hamah. S

kutipan – kutipan kalimat bijak



  1. Keberhasilan itu milik orang yang tekun

  2. Pikiran adalah cerminan kehidupan

  3. Pusat pengendalian diri adalah sikap

  4. Percaya diri adalah cara meraih sukses

  5. Kesuksesan berasal dari kemauan yang kuat

  6. Niat akan menciptakan nasib kita

  7. Kebodohan tidak dapat menyelesaikan masalah

  8. Manusia akan mati tetapi bakat tetap abadi

  9. Ilmu tanpa budi adalah kerapuhan jiwa

  10. Prestasi tak dapat diraih tanpa antusias

  11. Perubahan akan menghasilkan kematangan

  12. Kemantangan akan menciptakan identitas diri

  13. Tindakan adalah buah pengetahuan yang paling tepat

  14. Kuasailah pikiran atau kita akan dikuasainya

  15. Pendidikan melahirkan keinginan baru

  16. Satu-satunya cara untuk lulus ujian adalah menghadapi ujian

  17. Satu kata bagi orang bijak sudah cukup

  18. Hanya tindakan yang dapat memberikan kekuatan

  19. Hanya kesederhanaan yang dapat membuat manusia tenang

  20. Cara terbaik menjadi cerdas adalah tidak menjadi bodoh

  21. Tiada usaha tiada hasil

  22. Antusias adalah mesin penggerak kesuksesan

  23. Jika tidak dapat mengubah nasib, maka ubahlah sikap

  24. Tiada istilah tua untuk belajar

  25. Ilmu pengetahuan adalah tiang kehidupan

  26. Peluang selalu dihimpit oleh kesulitan

  27. Ilmu itu penting, namun harga diri lebih penting

  28. Prestasi besar dilahirkan dari pengorbanan besar

  29. Pintar, bodoh, keduanya membutuhkan usaha yang sama

  30. Kebodohan bukanlah hukuman tetapi akibat

  31. Kecerdasan bukanlah ganjaran tetapi konsekuensi

  32. Lari dari kesulitan-kesulitan adalah suatu kesalahan

  33. Kegagalan adalah celaka kecil

  34. Penyesalan adalah celaka besar

  35. Hasil dari belajar adalah tindakan , bukan pengetahuan

  36. Yang membuat kita senang adalah pertempuran meraih kemenangan

  37. Perjuangan membangun kekuatan

  38. Dunia adalah panggung sandiwara

  39. Kesalahan adalah pelajaran untuk menjadi bijak

  40. Masa depan menunggu kemampuan kita untuk mengubahnya

  41. Supaya diri kita seimbang, kita harus berjalan

  42. Di manapun Anda berada, jadilah manusia berguna

  43. Temukanlah alasan bersyukur, kemudian tantanglah dirimu

  44. Menaklukan diri adalah kemenangan yang paling mulia

  45. Di mana ada kemauan, niscaya ada jalan

  46. Hidup terbentuk dari arus pikiran yang mengalir di kepala

  47. Kecerdasan adalah kombinasi dari karakter dan strategi

  48. Manusia mampu menjadi bijak tanpa menunggu tua

  49. Manusia bisa memiliki pengaruh tanpa jabatan

  50. Disiplin dimulai dari penguasaan isi pikiran

  51. Disiplin akan mengontrol tindakan melalui pikiran

  52. Disiplin adalah harga diri paling tinggi

  53. Disiplin adalah ruh dari sebuah kecerdasan

  54. Tugas utama adalah mengutamakan yang paling utama

  55. 99% kegagalan lahir dari kita yang memiliki kebiasaan tak peduli

  56. Niat akan mencetak nasib

  57. Jangan habiskan waktu untuk menunggu

  58. Kemenangan adalah hasil dari berpikir menang

  59. Pusat pengendalian hidup adalah sikap

  60. Kesalahan fatal adalah maju tanpa kemauan untuk menang

  61. Permainan hidup ditentukan oleh 99% mental

  62. Kecepatan memang baik tetapi ketepatan adalah segalanya

  63. Mongoreksi diri adalah modal sebuah tindakan

  64. Pengetahuan dapat muncul dari sesuatu yang salah

  65. Pintar dan bodoh adalah pikiran yg dapat kita tentukan

  66. Tindakan adalah ukuran paling riil sebuah usaha kecerdasan

  67. Pembelajaran adalah perubahan

  68. Buku adalah pengusung peradapan

  69. Peradaban adalah perkembangan kekuatan akal

  70. Yang kita dapatkan dari buku adalah gagasan

  71. Gagasan adalah makna yang menggerakkan pikiran

  72. Hal yang dapat kita kontrol dan kita ubah adalah sikap

  73. Pengetahuan, wawasan, dan pengalaman menjadikan manusia bijak

  74. Lompatan memungkinkan kita menempuh cara-cara baru

  75. Ikatlah ilmu dengan menulisnya

  76. Menulis sama dengan menata gagasan

  77. Gagasan sama dengan makna yang menyadarkan

  78. Efektifitas menampung pelbagai jenis kecerdasan manusia

  79. Sukses bukanlah kebetulan belaka

  80. Sikap lebih penting dari ilmu dan kesempatan.

Mungkin dari sekian kalimat itu ada yang bisa kita terapkan untuk dunia per-blog-an kita? Janganlah kesal barangkali ada yang menyentuh kekesalan anda.



Ingatlah akan apa yang anda pelajari saat ini karena berguana untuk hari esok

  • Hamah. S

































Si anak jalanan



Kisah aku si anak jalanan;………….

Dipagihari menderita dibawah terik matahari, Dimalam hari menderita dalam tekanan batin!!

Memikirkan hidup tanpa berhenti………

Rumahku dibawah kolom jembatan,

Walau rumahku terbuat dari serpihan kardus kotor......???Namun terrasa dihotel!!!!

Aku ditemukan dipinggir jalanan!!!!... aku ini bukan binatan jalanan

Aku ini manusia………!

Kebutuhanku selalu terpenuhi di pinggir jalanan???............

Aku dikenal ‘si Anak jalanan’………!!!

Dalam hidupku ini, hanya stu yang kuminta dari anda..

Bila sampai ajalku nanti??!!.....

Tolong!!!........... bawalah aku dalam gerobak tua dan letakkanlah aku digerbang cathedral??

maka disanalah akan kutemukan segala-galanya??..........

Kenangkan boleh, lupakan jangan!

Salam manis bagimu seorang;

Si anak jalanan.



  • kepada anak jalanan dimanasaja berada “Saya persembahkan”


Tidak ada komentar: