Launching

Launching

Sabtu, 08 Maret 2008

RHEMA


Dunia tanpa Tuhan adalah dunia yang menakutkan

  • Hamah. S

Saya yakin setiap manusia lahir dalam keadaan bersih, ia diletakkan pada garis start kehidupan yang nol, ketika memulai langkah awal; ia akan selalu diperhadapkan dengan dua pilihan yaitu : Baik dan Jahat.

Kedua jalan inilah yang akhirnya menghasilkan surga dan neraka

  • Hamah. S

Untuk dapat memperoleh kerajaan Allah, kerajaan manusiawi harus ditekan

  • Hamah. S

Untuk memenangkan roh Allah dalam jiwa anda, biarkan suara iman anda bersuara lebih nyaring.

  • hamah. S

Perdamaian tidak dijaga dengan kekuatan dan kekerasan tetapi hal itu dapat diraih dengan pengertian, karena perdamaian tidak pernah sepaham dengan kekuatan dan kekerasa.

Inilah kemanusiaan hakiki.

  • Hamah. S

Perdamaian tidak dijaga dengan kekuatan dan kekerasa tetapi hal itu dapat diraih dengan pengertian, karena perdamaian tidak pernah sepaham dengan kekuatan dan kekerasa, Inilah kemanusiaan hakiki.

Kemanusiaan adalah roh Tuhan turun – temurun kedunia ini, kemanusiaan berdiri diantara reruntuhan hati dan bersembunyi dibalik ketajaman emosional itu, ia memanggil dengan suara lembut mendalam, namun diabaikan olehkarena sifat keangkuhan kita sampai-sampai menekan kemanusiaan itu. Akan tetapi diwaktu hati ini dalam tekanan, ia memberi pertimbangan-pertimbangan agung dalam keputusan - keputusan terbaik.

Kemanusiaan merupakan perasaan cinta damai dan kasih yang sangat mendalam karena cinta lebih kuat dari kematian, tetapi kematian itu lebih kuat dari kehidupan. Betapa menyedihkan jika manusia saling bermusuhan.

Kita adalah manusia, sebuah fragmen buta dan kita bukan ketuhanan yang maha tinggi yang mengisi kekosongan, tapi baik anda maupun aku adalah manusia, tiada yang lebih tinggi diantara kita, tetapi takdir yang akan membunyikan terompet – terompet saat tiupan dan musik datang dari alam baka maka disana hanya adasatu ucapan. Namun untuk mendapatkan salam abadi baik anda maupun aku harus mengawali dengan melalui jalan yang tepat.

Ada banyak jalan menuju Roma; anda harus memilih jalan yang tepat untuk anda, saya tidak punya peta atau denah yang dapat mengantarkan anda sampai ke tujuan akhir anda.

Allah juga demikian, Allah tidak berada didepan anda untuk memandu jalan anda, namun Ia selalu menuntun anda, Ia bersama – sama dengan anda, dimana anda berada sebagaimana keinginan anda, tetapi Ia berhak menentukan hasil akhir dari perjalanan itu.

Allah hanya punya kasih, disini saya hanya punya tuanan tulisan ide, namun ada satu kata; Kasih Allah menyertai anda senangtiasa hingga anda tiba dengan aman walau jalan anda tidak nyaman.

Ide – ide baik yang dihasilkan oleh naluriah anda atau sesama anda merupakan pelengkap dalam mengantarkan anda kegerbang akhir tujuan . ingatlah bahwa Allah selalu bersama kita, Ia melingkupi pribadi kita kemanapun kita, maupun dimana saja kita berada, Ia tidak pernah meninggalkan kita, namun perbuatan – perbuatan congkak kitalah yang membuat Allah berpindah tempat, Ia akan melepaskan kita.


Jangan tanyakan apa yang Tuhan berikan kepada anda, tetapi tanyakan apa yang anda berikan kepada Tuhan, jangan meragukan janji Tuhan, tetapi Tuhan sangat memikirkan kita

  • Hamah. S

Memusatkan pikiran pada diri sendiri tidak akan pernah menyingkapkan tujuan hidup kita.

  • Hamah. S

Memusatkan pikiran pada diri sendiri tidak akan pernah menyingkapkan tujuan hidup kita. kita tidak akan menemukan makna hidup kita dengan mencarinya di dalam diri kita sendiri, tanpa melibatkan Tuhan. Karena bukan kita yang menciptakan diri kita, jadi samasekali kita takkan pernah mengerti untuk apa kita diciptakan.

Misalnya : jika saya memberi anda sesuatu barang buatan saya yang belumpernah anda lihat atau sentuh, anda tidak akan pernah mengetahui manfaatnya dan barang tersebut juga tidak bisa memberitahu anda dan hanya penciptanya yang bisa mengungkapkan kegunaan barang tersebut, begitujuga diri kita dengan Tuhan. Yaitu bahwa jika kita memusatkan pikiran pada diri kita sendiri tidak akan pernah menyingkapkan tujuan hidup kita dan itu takakan berhasil, hanya Tuhan yang lebih tahu sampai kedalaman diri kita.

Jika kita tidak pahami Allah maka kehidupan’pun tidak dipahami.

  • Hamah. S


Jika kita tidak pahami Allah maka kehidupan’pun tidak dipahami Karena didalam dia ada kehidupan dan Allah adalah sumber kehidupan yang abadi dan kekal, oleh karena itu janganlah sesekali berpaling dari Allah.

Allah hanya santai memperhatikan kita dan sesekali menolong kita ketika kita takberdaya, ketidak berdayaan adalah kekeliruan dan ketidak pahaman tentang Allah, sehingga kehidupan kitapun tidak kita pahami sampai-sampai sering kita berjalan tanpa tujuan atau tanpa arah. Dan sebelum kehidupan ini dipahami Allah harus lebih dahulu dipahami, yakinlah bila anda memahami Allah maka kehidupan anda sudah dipahami juga.


Kita dijadikan untuk Allah dan bukan sebaliknya,

Bukan kita yang menggunakan Allah bagi tujuan kita namun sebaliknya

  • Hamah. S





Allah tidak bisa diperintahkan, tetapi Allah akan selalu

Menjawab segala permintaan anda sesuai dengan

Waktu dan jadwal-Nya

  • Hamah. S


Allah memikirkan kita jauh sebelum kita Berpikir mengenai-Nya dan segala sesuatu yang kita jalani sudah dirancang sebelum keberadaan kita.

  • Hamah. S


Kita ada bukan karena kebetulan, orangtua kita mungkin tidak merencanakan keberadaan kita, tetapi Allah merencanakannya.

  • Hamah. S


Kita dapat hidup secara damai bukan karena kebetulan,

Tetapi Allah menghendaki halitu terjadi.

  • Hamah. S


Tuhan mempunyai tujuan dalam hidup kita, dan Ia akan menggenapi tujuan – tujuanNya dalam pribadi kita.

  • Hamah. S



Tuhan mempunyai tujuan dalam hidup kita, dan Ia akan menggenapi tujuan – tujuanNya dalam pribadi kita. Jangan pernah kaget bila dalam kehidupan atau keseharian kita sering terjadi hal – hal diluar keinginan kita. Janganlah kesal akan hal – hal itu bersyukurlah karena segala sesuatu yang Tuhan izinkan terjadi dalam pribadi kita tidak melebihi kekuatan kita, dan tafsirkanlah hal – hal tersebut secara baik – baik karena dibalik itu ada maksud dan tujuan tertentu yang Allah maksudkan. Kita harus mensyukuri hal – hal tersebut, karena Allah masih menghendaki hal – hal itu terjadi agar kita semakin bertumbuh dewasa dalam iman, lebih baik hal itu terjadi daripada kita hidup tanpa menemukan apa – apa adalah kehampaan.

Dosa – dosa ringan biasanya tidak terpikirkan sehingga pelakunya terus melakukannya,

Tetapi dosa berat menggetarkan jiwa sehingga pelakunya tampak takut dan gentar.

  • Hamah. S

Dosa – dosa ringan biasanya tidak terpikirkan sehingga pelakunya terus melakukannya, Tetapi dosa berat menggetarkan jiwa sehingga pelakunya tampak takut dan gentar.

Dua orang pendosa mengunjungi seorang saleh dan meminta nasihatnya. "Kami telah melakukan kesalahan", kata mereka, "dan suara hati kami terganggu. Apa yang harus kami lakukan agar diampuni?" Katakanlah kepadaku, perbuatan-perbuatan salah mana yang telah kamu lakukan, anak-anakku", kata orang tua itu. Pria pertama berkata,"Saya melakukan suatu dosa berat dan mematikan." Pria kedua berkata,"Saya telah melakukan beberapa dosa ringan, yang tidak perlu dicemaskan".

Baik", kata orang tua saleh itu. "Pergilah dan bawalah kepadaku sebuah batu untuk sebuah dosa.

"Pria pertama kembali dengan memikul sebuah batu yang amat besar. Pria kedua dengan senang membawa satu tas berisi batu-batu kecil. "Sekarang", kata orang tua itu, "pergilah dan kembalikan semuanya ke tempat di mana kamu telah menemukannya.

"Pria pertama mengangkat batu itu dan memikulnya kembali ke tempat di mana ia telah mengambilnya. Pria kedua tidak dapat mengingat lagi tempat dari setengah jumlah batu yang diambilnya, maka ia menyerah saja dan membiarkan batu-batu itu di dalam tasnya. Katanya, pekerjaan ini terlalusulit.

"Dosa itu seperti batu-batu itu", kata orang tua itu. "Jika seseorang melakukan suatu dosa berat, hal itu seperti sebuah batu besar dalam suara hatinya. Tetapi dengan penyesalan yang sejati kesalahan itu akan diampuni seluruhnya.

Tetapi pria yang terus menerus melakukan dosa-dosa ringan dan ia tahu hal itu salah, akan semakin membekukan suara hatinya dan ia tidak menyesalinya sedikit pun karena enteng. Maka ia tetap sebagai seorang pendosa.

"Maka ketahuilah saudara-saudaraku", saran orang saleh itu,"adalah sama pentingnya untuk menolak dosa-dosa ringan seperti menolak dosa-dosa berat."

Hanya Yesus yang membangun kerajaanNya di atas kasih.

  • Napoleon I

Ketika kamu lahir, kamu menangis dan semua orang di sekeliling kamu tersenyum. Hiduplah dengan baik, jadi ketika kamu meninggal, kamu satu-satunya yang tersenyum dan semua orang di sekeliling kamu menangis. karena kamu begitu berharga bagi orang disekeliling kamu, tunjukkanlah cinta dari hatimu dan biarkan sekeliling kamu menyadari bahwa mereka berarti buat dirimu dan kamu berarti buat diri mereka.

  • Hamah. S

Jika kita berbuat baik, kebaikan pula yang akan kita terima kelak.

  • Hamah. S

Senyum tidak hanya akan menampilkan wajah yang cerah, namun juga menghangatkan jiwa, dan senyum adalah tampilan persahabatan awal.

  • Hamah. S

Cinta itu angkuh dan lembut. Lebih baik memiliki cinta kasih daripada memiliki semua bintang di langit yang jauh untuk diperoleh.

  • Hamah. S

Yang penting bukan berapa lama anda hidup, tetapi bagaimana anda hidup.

  • Hamah. S

kita cuma bisa hidup sekali saja didunia ini, tetapi jika kita hidup dengan benar, sekali saja sudah cukup.

  • Hamah. S



Cinta seringkali akan lari bila kita mencari dengan cara yang keliru, tetapi cinta jua seringkali dibiarkan pergi bila ia menghampiri orang yang keras hati.

  • Hamah. S

Jadilah sahabat sejati, karena kamu akan diingat, segala perbuatanmu terukir dalam sanubari sahabatmu.

  • Hamah. S

Jadilah sahabat sejati, karena kamu akan diingat, segala perbuatanmu terukir dalam sanubari sahabat anda. Persahabatan sejati layaknya kesehatan, nilainya baru kita sadari setelah kita kehilangannya.

Seorang sahabat adalah yang dapat mendengarkan lagu di dalam hatimu dan akan menyanyikan kembali taatkala anda lupa akan bait-baitnya olehkarena itu Bertemanlah dengan orang yang suka membela kebenaran. Dialah hiasan dikala kita senang dan perisai diwaktu kita susah. Namun kita tidak akan pernah memiliki seorang teman, jika kita mengharapkan seseorang tanpa kesalahan. Karena semua manusia itu baik kalau kita bisa melihat kebaikannya dan menyenangkan kalau kita bisa melihat keunikannya tapi semua manusia itu akan buruk dan membosankan kalau kita tidak bisa melihat keduanya.

Dalam jalinan persahabatan yang baik adalah kehidupan dimana tidak pernah saling menyalahkan satu sama yang lain sahabat tetapi saling merangkul, berpelukan, memberi nasehat membantu dan melindungi sahabat bila ia berlaku salah. Dan ingatlah bahwa Tak seorang pun sempurna. Mereka yang mau belajar dari kesalahan adalah bijak. Menyedihkan melihat orang berkeras bahwa mereka benar meskipun terbukti salah. Dan Semulia-mulia manusia ialah siapa yang baik, merendahkan diri ketika berkedudukan tinggi, memaafkan ketika berdaya membalas dan bersikap adil ketika kuat. Perlukah merasa kecil dan malu dihina? Orang yang dihina itu sebenarnya memungut pahala cum-cuma tanpa perlu bersusah payah mencarinya jauh-jauh.



Tidak ada simpanan yang lebih berguna daripada ilmu.
Tidak ada sesuatu yang lebih beruntung daripada kasih.
Tidak ada kawan yang lebih bagus daripada akal.
Tidak ada benda gaib yang lebih dekat daripada maut.

Tak ada yang lebih kekal daripada anugerah kasih Allah

  • Hamah. S

Sekali tidak berhasil bukan berarti gagal selamanya tetapi mungkin hari ini bukan waktunya yang tepat. Jangan lupa untuk mencobanya besok, mungkin waktu besok adalah yang paling tepat.

  • Hamah. S

Sekali tidak berhasil bukan berarti gagal selamanya tetapi mungkin hari ini bukan waktunya yang tepat. Jangan lupa untuk mencobanya besok, mungkin waktu besok adalah yang tepat, Karena segala sesuatu itu ada waktunya, maka janganlah sesali apa yang tidak berhasil anda lakukan hari ini.

misalkan” saya menyimpang sebuah jambu yang saya ambil tetapi belum matang untuk hari ini, besok pasti waktunya untuk matang oleh karena itu janganlah patah semangat ketika tidak berhasil. Dan jangan lupa, ketidak berhasilan adalah pelajaran terbaik yang anda alami karena nilai pengalamanyang diperoleh tidak tertandingi walaupun anda tidak berhasil.

orang-orang yang berlaku adil dalam menetapkan hukum baik kepada rakyat maupun kepada keluarga adalah orang yang memiliki hati mulia

  • Hamah. S

Orang-orang yang berlaku adil dalam menetapkan hukum baik kepada rakyat maupun kepada keluarga adalah orang yang memiliki hati mulia, Berlakulah adil dalam berlakukan keluarga maupun rakyatmu, karena suatu Negara berawal dari keluarga, dan kerajaan Allah berawal pula dari keluarga dan janganlah menertawakan hal itu, sebab orang yang banyak ketawa itu kurang wibawanya dan orang yang suka menghina orang lain, dia juga akan dihina dan orang yang mencintai akhirat, dunia pasti menyertainya.

Barangsiapa menjaga kehormatan orang lain, pasti kehormatan dirinya akan terjaga Sesungguhnya orang-orang yang berlaku adil di sisi Allah laksana berada di atas mimbar yang terbuat dari cahaya. Mereka itu orang-orang yang berlaku adil dalam menetapkan hukum baik kepada rakyat maupun kepada keluarga.

Tiga sifat yang menyebabkan penyandangnya tidak tentram dalam hidupnya : iri hati, dengki, dan sifat buruk.

Hiduplah Sesuka hatimu, Sesungguhnya kamu pasti mati, Cintai siapa saja yang kamu senangi, Sesungguhnya kamu pasti akan berpisah dengannya.

Lakukan apa saja yang kamu kehendaki, Sesungguhnya kamu akan memperoleh balasannya. Tidak ada kebaikan bagi pembicaraan kecuali dengan perbuatan. Tidak ada kebaikan bagi harta kecuali dengan kasih.Tidak ada kebaikan bagi sahabat kecuali dengan kesetiaan. Tidak ada kebaikan bagi pemberian kecuali niat yang baik.

Tidak ada kebaikan bagi kehidupan kecuali kesehatan dan keamanan. Banyak orang akan datang dan pergi dari kehidupanmu, tetapi hanya sahabat-sahabat sejati yang akan meninggalkan bekas di dalam hatimu. Oleh karena itu untuk menangani dirimu gunakan kepalamu. Tetapi untuk menangani orang lain, gunakan hatimu karena hal itu lebih membahagiakan yang melingkupi hati mereka .

Kemarahan hanyalah satu kata yang dekat dengan bahaya, namun pikiran yang besar membicarakan ide-ide; tetapi Pikiran yang rata-rata membicarakan kejadian-kejadian; Dan pikiran yang kerdil membicarakan orang-orang.

Allah memberikan kepada setiap burung makanan mereka, tetapi Ia tidak melemparkan makanan itu ke dalam sarang mereka. Dan kepada sahabat, Ia yang kehilangan uang, kehilangan banyak; Ia yang kehilangan seorang teman, kehilangan lebih banyak; Tetapi ia yang kehilangan keyakinan, kehilangan semuanya. oleh karena itu janganlah khawatir akan hidupmu tentang apa yang anda makan atau minum, tetapi percayalah Allah senangtiasa memenuhinya, asalkan anda berdoa dan bekerja dengan sungguh – sungguh, karena bekerja dengan sesungguhnya hasil yang diperoleh’pun memuaskan.

Sebenarnya yang datang pasti pergi, yang baru akan berlalu, yang hidup pasti mati, yang ketawa pasti menangis selamanya dari masa – kemasa.

Tetapi dari semuanya itu hanya yang berkenan saja yang di kenang itulah keabadian.

  • Hamah. S

Orangtua yang kita miliki adalah orangtua yang dipilih Allah, dan tidak perduli bagaimana perasaan kita, mereka dirancang dengan pertimbangan Allah dan mereka memiliki materai Tuhan, dan sebagaimanapun mereka adanya namun mereka memberi kasih sayang begitu besar oleh karena itu kenanglah orangtua anda.

  • Hamah. S

orang-orang yang berlaku adil dalam menetapkan hukum baik kepada rakyat maupun kepada keluarga adalah orang yang memiliki hati mulia, Kenanglah kedua orangtua anda; Biasanya di saat orangtua kita masih hidup, tidak mudah bagi kita untuk menghargai kasih sayang mereka. Padahal mereka menebar cinta mereka dalam setiap desah nafas, gerak bibir, dan ayunan langkah mereka. Tak ada yang mereka pikirkan begitu penting selain keluarga mereka, anak cucu mereka, penerus keberlangsungan karya mereka di dunia ini. Bahkan dalam amarah, kekecewaan dan kesedihan mereka diselimuti dengan kasih sayang.

Bagi kita, ini mungkin nasehat tua yang sudah terlalu sering terdengar, namun, tak pernah usang, karena orangtua selalu dilahirkan jaman.

Mengenang orangtua sebenarnya mengenang keberadaan diri kita sendiri; Kita terlahir dari buah kasih sayang, kita tumbuh dalam naungan kasih sayang, kita pun ditinggalkan dengan lambaian kasih sayang. Memang tak ada yang terlambat, namun sebelum hati dalam anda menyesal, kasihilah orangtua anda.

Bagi mereka, balasan ini jauh lebih berharga dari apa pun yang pernah diperolehnya. Bagi mereka, itulah bekal sebaik-baiknya untuk menikmati usia senja mereka.

Tujuan hidup memberi makna yang besar, dan harapan abadi

  • Hamah. S

Tujuan hidup memberi makna yang besar dan harapan abadi, Tak bosan-bosannya orang bijak menuturkan pentingnya anda mengetahui tujuan anda.

Tujuan menyemaikan harapan dan semangat untuk mencapainya. Harapan membuahkan keyakinan serta kekuatan yang luar biasa. Kekuatan menumbuhkan keberanian, ketekunan dan daya tahan. Lihatlah, betapa secarik tujuan akan memberikan anda segalanya. Tujuan bukan hanya agar anda memperoleh apa yang anda inginkan, tujuan mengukir bentuk diri anda. Lebih dari itu, tujuan mengisi hidup dengan makna. Jangan lakukan untuk sia². Nyatakan tujuan anda.

Orang-orang lebih suka bergabung dengan mereka yang memiliki tujuan jelas. Bagaimana anda dapat memimpin orang lain bila anda tak tahu harus kemana dan berbuat apa. Kepemimpinan itu bertujuan, Sedangkan tujuan melahirkan kesetiaan dan kesediaan untuk melakukan sesuatu, bahkan berkorban. Dengan tujuan orang-orang tahu apa yang disebut kemenangan.

Semua orang suka merasakan udara kemenangan. Maka, tanpa tujuan bagaimana anda memulai pertandingan? Tahukah anda mengapa Allah mengizinkan kita di planet ini? “karena Allah mempunyai tujuan tertentu di balik kehidupan kita” sehingga kita dituntut untuk mengerti akan maksud dan tujuan Allah…. Dan kita juga harus mempunyai tujuan karena tujuan itu adalah motifasi yang menginspirasi akan semangat kita.

Besar kecilnya perbuatan anda hanya bisa dinilai oleh orang lain. Yang menimbangnya secara sempurana adalah hati, tetapi Allah mempunyai penilaian yang sesuai.

  • Hamah. S

Besar kecilnya perbuatan anda hanya bisa dinilai oleh orang lain. Yang menimbangnya secara sempurana adalah hati, namun Allah mempunyai penilaian yang sesuai. Tak perlulah anda menilai besar kecilnya suatu perbuatan anda. Sebab seringkali sebuah perbuatan yang tampak biasa – biasa justru harus anda lakukan demi kebaikan yang teramat besar. Anda tak tahu skenario apa yang akan berlangsung setelah itu.

Mungkin perbuatan anda menyingkirkan paku dari jalan dipandang tiada berarti, Karena anda tak perlu melakukan apa-apa selain membungkuk, memungut dan meletakkannya di tempat yang aman.

Namun, tindakan itu menghindarkan kaki seekor kuda yang tak bertapal dari sengatan tajamnya paku, Sehingga, sang pengendara kuda itu mampu sampai di garis depan pertempuran, dan memberitahukan pada para jendral bahwa perang telah usai. Perdamaian pun terselamatkan.

Lakukan saja sebuah perbuatan baik seberapa pun kecilnya itu di mata banyak orang dan jangan sekali-kali anda menganggap orang lain lebih patut melakukannya, dan janganlah pernah menilai besar kecilnya perbuatan anda, tetapi hal itu hanya bisa dinilai oleh orang lain yang menimbangnya secara sempurana adalah hati, namun Allah mempunyai penilaian yang sesuai.

Keengganan anda dapat menghapus kebaikan dan itu bisa jadi sebuah kejahatan. Tak perlulah juga anda menilai besar kecilnya jasa perbuatan baik anda! Setiap tindakan, baik maupun jahat, memerlukan pelaku. Bila anda tak melakukannya, orang lain akan menunaikannya.

Menilai-nilai perbuatan baik anda hanyalah permainan "ego" yang justru menghapuskan kebaikan itu dari diri anda sendiri. Seperti, pasir kering tertiup angin; anda takkan berhak menggenggamnya, meski hanya sebutir lembut.

Perhatikanlah orang – orang yang dikhianati, sangat sulit untuk dihampiri. Janganlah menghina orang – orang dekat anda

  • Hamah. S

Lebih tinggi kesetiaan orang – orang kecil dibanding orang – orang besar.

Tak ada budak yang memerintah tuannya.

  • Hamah. S

Yang terpenting dari kehidupan bukanlah kemewahan namun hidup dengan benar.

  • Hamah. S

Kita ada disini bukan untuk saling bersaing, tetapi kita ada disini untuk saling melengkapi.

  • Bill mc cartney

Untuk menampilkan sesuatu yang berbeda kepada dunia, izinkanlah Tuhan lebih dulu melakukan hal yang berbeda dalam diri anda

  • Hamah. S

Jika kita sepenuhnya mengandalkan Tuhan, maka kita akan mendapati bahwa Tuhan dapat diandalkan dengan sepenuhnya.

  • Hamah. S

Anugerah dari Allah bukanlah surat izin untuk kita hidup seenaknya.

  • Hamah. S

Tujuan kitabsuci adalah untuk menerangi jalan kita, bukan untuk menutup jejak kita.

  • Hamah. S

Jika kita dengan sungguh – sungguh menginginkan cinta, maka cintalah yang pada akhirnya justru menunggu kita.

  • Hamah. S

Hidup untuk Tuhan adalah meninggalkan warisan yang kekal.

  • Hamah. S

Anda dapat bebas bukan dari siapa – siapa tetapi andalah yang bisa membebaskan anda.

  • Hamah. S

Tak ada yang dapat mengisi kekosongan hati anda secara sempurna selain Allah.

  • Hamah. S

Tempat untuk berbahagia itu disini,

Waktu untuk berbahagi itu kini,

Cara terbaik berbahagia adalah membuat orang lainjuga meresa bahagia, itulah kebahagiaan sejati.

  • Hamah. S

Jika anda mengalami keputus asaan, pandanglah Tuhan yang penuh pengharapan.

  • Hamah. S

Saat kau merasa kesepian, itu bukan berarti engkau sendirian

Saat kau rasa tidak ada seorangpun yang menginginkanmu, ini bukan berarti tiada seorangpun juga yang tidak mempedulikanmu

  • Hamah. S


Begitulah kira – kira terjemahan dari lagu when I say that I love you. Memang benar apa yang Tuhan katakana kepada kita. Kadangkala kita merasa kesepian tapi itu bukan berarti kita sendiri, sebab Tuhan selalu ada di dekat kita. Dan saat anda merasa dunia ini tidak lagi menginginkan anda, itu bukan berarti Tuhan tidak lagi peduli kepada anda. Ia sangat mengasihi anda, apapun keberadaan anda.

Mungkin saja kita tidak menyadari bahwa setiap saat Allah selalu menunjukkan kasihNya kepada kita. Bahkan pada masa – masa paling sulit dan kelam sekalipun dalam hidup kita, di saat dunia meninggalkan kita, Allah tetap dengan setia bersama dengan kita. Bahkan pada saat kita jatuh dalam dosa dan kita mengecewakan hatiNya, Ia tetap menyatakan kasih setiaNya kepada kita. Kasih yang tek pernah ternjangkaui oleh akal pikiran kita, dan tak akan berkesudahan kasihnya dalam kekekalan hidup kita bukan hanya di dunia ini, namun ia menginginkan kehidupan yang berikutnya antara kita dan dia kelak di mayampada nanti, sehingga ia dengan rela mengorbankan dirinya untuk membersihkan jalan kita yang berlumuran dosa.

Setiap kita pasti membutuhkan cinta kasih, tidak peduli anda adalah orang yang merasa bisa berdiri sendirti tanpa orang lain, tidak peduli engakau yang merasa dirimu paling tegar. Suatu waktu engkau akan merasakan saat – saat dimana engkau membutuhkan cinta kasih, sebab manusia memang diciptakan untuk saling mencintai dan dicintai.

Kadangkala anda begitu jenuh dengan kasih yang ada di dunia ini. Mungkin karena Kasih yang begitu terasa sekedar mnyakitkan, palsu, begitu munafik, begitu penuh kepura – puraan, sehingga terkadang engkau bertanya dalam dirimu sendiri, “adakah di dunia ini kasih sejati? ” anda begitu frustasi dan putus asa saat menginginkan kasih sejati, tetapi ternyata dunia tidak mampu memberikan semuanya itu.

Masih ada satu pribadi yang hari ini sedang mengetok pintu hatimu, agar anda segera membukanya dan mengijinkan ia masuk dalam hatimu. kasihNya begitu tulus, kasihNya tidak pernah bersyarat, kasihNya tidak hanya ditunjukkan lewat kata – kata, tetapi Ia menunjukkan kasihNya dengan mengorbankan diriNya dan demi untuk menyelamatkan anda seorang.

Disaat dunia meninggalkan dan menolakmu, ia tetap dengan setia menantimu. Jangan pernah sia – siakan kasih dan anygerahNya. Sambut kasih sejati yang selama ini belum pernah engkau rasakan. Engkau akan mengalami gairah dalam hidup, sukacita dan damai sejahtera yang tak terkatakan.



Jangan tumbuhkan akar pahit dalam diri anda yang akan menimbulkan kerusuhan.

  • Hamah. S


Jangan biarkan satu titik saja dari irihati, kebencian, ketamakan, atau hal – hal yang tidak berkenang kepada Allah itu tinggal dana berdiam di dalam hidup kita. Ingatlah bahwa hal itu akan menjadi benalu dan menjadi boomerang bagi pertumbuhan hidup kerohanian kita yang terisi oleh benalu – benalu itu, marilah sekarang ini anda harus berkomitmen untuk membersihkannya dan jangan berpikir anda tidak bisa melakukannya dan menginginkan Tuhan yang melakukannya, itu tidak mungkin dan Tuhan tidak datang secara langsung mengubah anda seperti yang anda pikirkan, namun Tuhan memberitahukan kepada anda bagaimana anda melakukannya dan yang bertindak melakukannya adalah anda seutuhnya. Mungkin selama ini anda merasa sangat dikecewakan dan dikhianati oleh seseorang sehingga anda merasa sangat sakit hati, segera cabut kebencian dan kepahitan itu dari hidup anda. Lepaskan pengampunan kepada ornag – orang yang sudah melukai hati kita. Saat kita membereskan hidup kita dari benih – benih itu, pastilah didapati Tuhan bahwa hidup anda akan akan bertumbuh dalam perasaan damai yang segar dan menyegarkan.



Tempat terbaik untuk menyembuhkan kesakitan rohani adalah:

Mengobatinya dalam kuasa hadirat Tuhan

  • Hamah. S


Jangan biarkan segala kesedihan, kesepian, persoalan hidup itu merampas sukacita anda, karena membuat anda lelah dan rohani anda menjadi lemah maupun sakit. Namun ada satu pribadi yang menolong dan mengobati hidup rohani anda. Dan Jika anda ingin mengungkapkan segala hal dan berterus terang! Berterus teranglah kepadaNya, jika anda ingin mendapatkan ketenangan dan tempat beristirahat yang nyaman, dapatkan itu dalam hadiratNya.

Hanya Allah yang mampu menyembuhkan kelelahan rohani anda, dan hanya Ia yang mampu mengisi kekosongan hati anda secara sempurna. Ingat bahwa hal yang membuat anda bersukacita adalah bahwa Allah menerima anda apa adanya. Dia tidak pernah tertarik dengan penampilan anda, apapun penampilan anda, Allah tetap menerima anda karena andalah sahabat – sahabatNya. Hanya satu yang Ia ingin anda dan saya perbuat hari ini, Ia ingin menjalin hubungan dengan diri kita, Ia ingin menyembuhkan setiap luka – luka hati dan rohani kita, ia ingin mengampuni dan menyegarkan hidup rohani kita secara total.


Jangan berpikir bahwa doa anda yang seharga seratus porsen akan dijawab dengan jawaban seharga sejuta porsen

  • Hamah. S


Dari ungkapan diatas jelaslah bagi kita bahwa untuk mendapatkan sesuatu yang cukup terbaik, harus ada pengorbanan bukan hanya kata – kata yang selalu diucapkan dalam doa, namun kita harus bekerja dan setidaknya mengorbankan sedikit energi kita. Kita tidak akan pernah mendapat urapan dan kuasa Allah kalau kita tidak berani bayar harga dalam hal mencari hadirat dan urapan Tuhan itu. Kita tidak akan mendapat berkat yang melimpah kalau kita sendiri pelit dan tidak pernah belajar untuk memberi. Prinsip ini berlaku untuk semua.

Seberapa besar Allah memberikan sesuatu yang terbaik bagi kita ditentukan seerapa besar harga yang kita bayar untuk mendapatkan hal itu. Mungkin ini menjadi jawaban bagi pergumulan – pegumulan hidup kita sekarang ini. Kita mengharapkan yang terbaik dari Tuhan, tetapi ternyata hal – hal biasa saja yang kita dapatkan. Oleh karena itu bertanyalah dalam diri anda “seberapa besar aku sudah bayar harga itu?”



Tuhan tidak pernah kekurangan cara untuk menolong anda,

Mengapa anda tidak mengandalkanNya.?

  • Hamah. S


Anda harus tahu bahwa dalam hidup yang penuh masalah ini anda perlu punya waktu – waktu khusus untuk berdiam diri dikaki Tuhan. Dengan berdiam diri dalam Tuhan maka pikiran anda menjadi tenang, emosi menjadi terkontrol, dan Tuhan pasti akan memberikan hikmat kepada anda untuk dapat mengatasi semua permasalahan anda.

Kesalahan kita adalah seringkali kita tidak pernah berdiam diri di kaki Tuhan saat masalah itu mulai datang, kita terlalu focus degan masalah yang sedang kita hadapi, apalagi cara – cara yang kita lakukan gagal semua. Serahkan semua itu kepadaNya, saya yakin disaat kita tidak lagi mengandalkan kekuatan kita sendiri untuk mengatasi setiap masalah itu, melainkan kita mau mengijinkan Tuhan menolong kita, maka ia pasti memberikan jalan keluar kepada kita.

Ingat bahwa Semakin manusia berusaha dalam kekuatan – kekuatan mereka sendiri, ia akan semakin gagal dan semakin terpurk, tetapi jika ia mau menyerahkannya kedalam tangan Tuhan, Tuah akan segera bertindak untuk menolong.


Seorang yang hidup tanpa visi rohani, berarti seorang yang hidup tanpa tujuan dalam rohani

  • Hamah. S


Kita sering mendengar pepatah yang mengatakan tidak ada seorang manusia pun yang sempurna, ada kelebihan pasti ada kekurangan. Dan secara tidak sadar kita sering memakai pepatah ini untuk dijadikan alas an – alas an ketika kita berada dalam kondisi yang kekurangan. Itu sebabnya secara jujur banyak kita melihat mengapa banyak orang yang merasa hidup dalam kelemahan dan kekurangan, sering kehilangan pengharapan dan tidak punya keinginan untuk maju. Ada banyak orang yang karena kelemahannya telah menjadikan dirinya kehilangan tujuan hidupnya, begitu juga tidak pada tujuan kemanusiaan saja melainkan berlaku bagi tujuan rohaniah yang mena cenderung membuat keinginan untuk maju dalam visi rohani menjadi mundur karena tanpa visi rohani. Orang yang tidak memiliki tujuan rohani, ia menjadi kehilangan masa depan cinta kasih, kedamaian dan kelemahan rohani akan membuat hidup menjadi hambar.

Kepada setiap orang akan merasa demikian namun tidak semuanya, dan siapa yang mampu menyangka bahwa orang yang lemah, cacat, dianggap tidak mampu dalam pertumbuhan rohani mereka?. Namun mereka ternyata menjadi orang – orang yang sukses dan tersenyum ketika kematian mereka. Bahkan kesuksesan mereka justru melebihi orang – orang yang jauh hidupnya baik diatasnya? Mereka mempunyai visi yang kedengarannya tajam dari kedalaman isi hati mereka bahwa mereka merasa Allah sangat menghargai hidup mereka dan mereka berkeyakinan bahwa bersama Allah maka kedamaian dan ketenangan itu akan sela menyertai mereka


saat kita belajar memberi dari kekurangan kita, Allah akan menghargai pemberian tersebut dan nilainya melebihi dari pada emas

  • Hamah. S


Tuhan punya waktu yang tepat untuk anda, karena itu anda harus usahakan tahu waktunya Tuhan.

  • Hamah. S


Saat anda mulai mengerti rencana Allah dalam hidup anda, maka anda akan tahu bahwa waktu sekarang anda harus mengerjakan segala sesuatunya dengan baik. Bila Allah menyediakan kepada anda waktu untuk berdoa, gunakanlah waktu itu untuk berdoa, jika Allah menyediakan waktu untuk kita bekerja, kerjakan waktu itu untuk bekerja gunakan waktu itu untuk bekerja dengan baik, jika Allah memberikan anda waktu untuk mengasihi, gunakan waktu itu untuk mengasihi dengan tulus dan iklas. Dan bila Allah memberi waktu untuk anda memberi sesuatu untuk orang lain, gunakan waktu itu untuk memberi dengan iklas. Jangan tunda waktu Allah dalam hidup anda. Bila Allah ingin anda mengikuti waktunya Dia, ikutilah waktuNya. Dan orang yang bijaksana tahu menggunakan waktu dengan baik dan diatur dengan sebaik mungkin, tetapi orang yang bebal tidak dapat mengatur waktunya dengan baik. Apapun yang anda lakukan, anda harus tahu waktu Tuhan.


Jika Allah memanggil anda atau saya “hari ini”,

Siapakah kita sehingga mampu menghindarinya?

  • Hamah. S



Walau anda berjalan dengan ukuran badan yang lebih tinggi dari orang lain,

Walau orang lain memiliki kulit yang putih dan anda hitam,

Walau orang lain berjalan dengan berat badan yang berbeda dengan anda,

Walau orang lain memiliki wajah yang sempurna dibanding anda dan masih banyak perbedaan lainnya, namun tahukah anda?

Walau ada perbedaan – perbedaan namun diantara kita semua baik manusia maupun alam semesta kita memiliki suatu kesamaan:

kita semua diciptakan oleh Allah” oleh karena itu sangat menyedihkan bila kita saling menyakiti.

  • Hamah. S


Seorang sahabat karib anda akan meninggalkan anda tanpa pamit karena sifat – sifat anda berbeda dengan dia, impian – impian anda berbeda dengan dia, keputusan – keputusan anda berbeda dengan dia.

Untuk mempertahankan sahabat – sahabat anda, anda harus memulai segala sesuatu bersama – sama.

  • Hamah. S


Demi kebaikan anda, belajarlah untuk menghadapi suatu persoalan dengan berkepala dingin, walau tersa sakit sekalipun, dan jangan pernah menanggapinya dengan kepala keras, karena persoalan – persoalan itu semkin menjadi – jadi.

  • Hamah. S


Tidak selamanya seorang pemimpin itu memimpin, namun suatu saat akan dipimpin.

  • Hamah. S


Orang yang mencari nafkah dengan menggunakan kekerasan, akan membayarnya dengan nyawanya sendiri

  • Hamah. S


Jangan segan – segan mendidik seorang anakmu, jika engkau memukul dia dengan rotan, ia tidak akan mati, malah akan selamat

  • Hamah. S


Keadaan yang terbaik dalam kehidupan merupakan sebuah petualangan.

Untuk hidup dalam petualangan itu anda harus bersedia menerima resiko – resiko dalam medan petualangan itu, karena dengan petualangan –petualangan tersebut membuat anda dapat bertumbuh menjadi semakin kuat

  • Hamah. S


Penderitaan adalah suatu bentuk dari pertumbuhan hidup yang dewasa.

Jika anda ingin bertumbuh menjadi kuat, anda harus bersedia untuk melalui penderitaan itu hingga anda menjadi dewasa dalam penderitaan itu

  • Hamah. S

Kepenuhan tidak selalu merupakan suatu tanda kekuatan, dan kekosongan tidak selalu merupakan suatu tanda kelemahan.

Untuk memulihkan luka – luka anda, kosongkan diri anda dari hal – hal yang melemahkan anda dan penuhkan diri anda dengan hal – hal yang menguatkan anda.

  • Hamah. S


Benih kekuatan seringkali ditanam di dalam tanah kelemahan.

Kekuatan mengangkat anda yang terbesar hari esok karena hari ini anda mampu bertumbuh dalam kelemahan anda yang paling mendalam.

  • Hamah. S


Jalan menuju suatu keutuhan adalah melalui kehancuran. Saat kehidupan anda menjadi hancur berkeping – keeping, Tuhan sanggup menciptakannya kembali sebagaimana seharusnya sesuai dengan kehendakNya.

  • Hamah. S


Pemulihan datang bukan dengan seberapa baik anda menghindari semua kehilangan atau kerusakan, namun dengan bagaimana anda merespons ketika kehilangan dan kerusakan itu tiba. Penderitaan dan kerusakan diri datang tidak peduli anda memilihnya atau tidak, namun pemulihan akan datang hanya karena anda memintanya.

  • Hamah. S


Kerusakan pada diri anda datang, bukan hanya karena anda dipisahkan dari seseorang atau sesuatu yang penting bagi anda. Anda menderita karena kehancuran suatu keutuhan kepribadian anda yang telah di anugerahi secara utuh. Suatu bagian yang tak berbagi – bagi dari anda sebagai seorang pribadi yang seutuhnya, anda dipisahkan dari anda sendiri, tidak herang harga diri anda menderita.

Tak ada yang anda pikirkan atau lakukan yang mampu menghapuskan apa yang terjadi di masa lalu. Anda bahkan tidak mungkin mengubah pikiran orang – orang yang menorehkan luka pada anda. Namun anda dapat merubah diri anda, anda dapat mengubah penderitaan anda menjadi pemulihan dengan cara anda harus meresponsnya secara baik.

Saya tau setiap orang tidak mempunyai pilihan mengenai penderitaan, namun setiap orang sungguh mempunyai pilihan mengenai caranya merespons penderitaan itu.


Untuk mengatasi kesepian bukanlah menemukan seseorang pengganti bagi orang yang hilang dari anda, namun anda harus menemukan makna baru bagi diri anda dan bagi diri anda yang sebenarnya adalah anda.

  • Hamah. S


Ubahlah kenangan yang sepi dari masa lalu anda menjadi visi yang produktif bagi masa depan anda.

  • Hamah. S


Hiburan abadi dalam kesepian adalah penghiburan yang datang dari Tuhan

  • Hamah. S


Sesuatu yang penting itu akan semakin menjadi sangat penting karena mempunyai harga yang luarbiasa.

  • Hamah. S

Iman yang besar seringkali dibangun ditengah ujian – ujian yang berat.

  • Hamah. S

Hakekat iman adalah kesediaan melayani Tuhan dengan tampa jaminan. Jangan menuntut apa – apa dari pelayanan anda.

  • Hamah. S

Hakekat iman adalah kesediaan melayani Tuhan dengan tampa jaminan. Jangan menntut apa – apa dari pelayanan anda.

Jika kita melayani dengan penuh penyerahan nurani kita, maka selamanya perbuatan kita memuaskan, dan kita merasa terpenuhi, kita tidak akan berpikir untuk meminta apapun, karena kita merasa bahwa kita memiliki segala sesuatu dalam hidup kita dan iman percaya kita mampu menjawab segala keraguan kita.

Orang yang tidak memaafkan orang lain samasaja dengan orang yang memutuskan jembatan yang harus ia laluinya, karena semua orang perlu dimaafkan.

  • Thomas. F

Kita tidak dapat memperoleh pikiran yang damai kecuali kita dapat berhubungan dengan sumber kedamaian yang ada didalam diri kita. Damai yang anda miliki dalam dirimu dan jika anda mencarinya diluar diri anda, tidak akan pernah menemukannya.

  • Ching hua



Bagi orang beriman bersyukur bukan hanya satu hari dalam hidup, tetapi merupakan gaya hidup.

  • Hamah. S

Ketahanan hidup yang kokoh seringkali dibangun pada masa – masa kritis

Jangan patah semangat anda, jika anda dalam tekanan masalah.

  • Hamah. S

Dengan ilmu kehidupan menjadi indah

Dengan pengetahuan kehidupan menjadi berubah

Dengan iman kehidupan menjadi kekal.

  • Hamah. S

Membantu orang untuk mencapai kebebasan abadi dan mengenal ajaran sejati adalah bantuan yang besar dan jasa yang tertinggi.

  • Maha guru ching hua

Ketika keringat bercucuran dan airmata yang mengiringi dekapan jantung,

Pandanglah Allah yang penuh harapan dan kasih.

  • Hamah. S

Mengetahui arti terang dan gelap adalah hal iman.

  • Plato

Walu dengan sebelah pipi kita menangis namun dengan sebelah pipi kita tertawa, karena apa? Karena ada duka dan suka.

  • Hamah. S





Ingatlah bahwa dirimu adalah saksimu di akhirat

  • Hamah. S

Ingatlah bahwa dirimu adalah saksimu di akhirat , Anda bisa menipu seluruh dunia, namun menipu diri akan semakin pelik, mungkinsaja anda berpikir dapat menipu Allah karena keberadaanNya yang tidak nyata, namun anda tidak mungkin menipu diri sendiri, dimanapun anda, anda pasti mengetahui perilaku anda, dan mengetahui sampai kadar keburukan anda, inilah kekuatan yang menciptakan surga dan neraka yang bearasal dari dalam diri anda karena segalanya diciptakan oleh pikiran. Dan ingatlah dirimu adalah saksimu.

Allah mengenal anda lebih awal sebelum keberadaan anda di planet ini Dan hidup anda adalah rekomendasi dari-Nya.

  • Hamah. S

Untuk lebih jelas kita mengetahui isihati daripada Allah, Kita hanya dapat temukan dalam kitab firman-Nya Baca dan tafsirkan dalam iman dan percaya.Tetapi untuk membaca pikiran Allah tidak mungkin.

  • Hamah. S

Iman yang kecil akan membawa anda ke surga, tetapi iman yang besar akan membawa surga kepada anda.

  • Brother laurences

Baik atau buruknya sesuatu bergantung cara kita berpikir.

  • Michael Jackson



Lebih baik merugikan diri sendiri daripada melukai orang lain, ini adalah kebenaran yang tidak boleh kita lupakan, meskipun peraturan disiplin lain kurang kita perhatikan itu bukan masalah besar.

  • Hamah. S

Yang paling Allah inginkan dari kita adalah, hubungan cinta kasih kita dengan Allah dan dengan sesama kita.

  • Hamah. S

Allah ingin agar kita menikmati kehidupan ini, bukan hanya menjalaninya.

  • Hamah. S

Lewatilah hidup anda dengan apa yang terjadi hari ini lebih dahulu, dan janganlah berpikir bagaimana hari esok karena waktunya masih besok.

  • Hamah. S

Tak ada suatu hal yang mustahil bila Tuhan berkenaan.

  • Hamah. S

Hati yang benci membawa orang terasa jauh walau sedang bertemu,

Tetapi hati yang bersahabat membawa orang terasa dekat walu tidak bertemu.

  • Hamah. S

Orang yang berpenghasilan dari kejahatan adalah orang yang cenderung melakukan kejahatan.

  • Hamah. S

Kita hanya dapat hidup sekali saja dalam dunia, tetapi jika kita hidup dengan benar, sekalisaja sudah cukup.

  • Hamah. S

Memberi tidak harus mengasihi, tetapi mengasihi selalu disertai dengan pemberian.

  • Hamah. S

Jadilah diri anda sendiri siapalagi yang bisa melakukannya lebih baik ketimbang diri anda.

  • Frank giblin liln

Tindakan benar memerlukan hati yang baik, pikiran yang murni, perilaku yang jujur dan kekuatan yang besar. Dan orang yang berwatak baik melakukan sesuatu yang benar hanya karena itu benar, dan orang besar menunjukkan kebesarannya dalam caranya memperlakukan orang – orang kecil

  • Hamah. S

Tindakan benar memerlukan hati yang baik, pikiran yang murni, perilaku yang jujur dan kekuatan yang besar. Dan orang yang berwatak baik melakukan sesuatu yang benar hanya karena itu benar, dan orang besar menunjukkan kebesarannya dalam caranya memperlakukan orang – orang kecil.

Tindakan / Perilaku setiap orang dengan kebaikan hati dan rasa hormat, meski mereka berlaku buruk pada anda, ingatlah bahwa anda menunjukkan penghargaan pada orang lain bukan karena siapa mereka, tepati siapa diri anda. Karena Tindakan-tindakan benar itu memerlukan hati yang baik, pikiran yang murni, perilaku yang jujur dan kekuatan yang besar, Karena orang yang berwatak baik biasanya melakukan sesuatu yang benar dan orang besar mnunjukkan kebaikan dalam cara-caranya melayani orang-orang kecil. Olehkarena bila ada cahaya dalam jiwa setiap orang maka akan hadir kedamaian dalam dirinya, bila ada kedamaian dalam dirinya akan hadir keharmonisan dalam rumahtangganya, bila ada keharmonisan dalam rumah tangganya akan hadir ketertiban dalam Negara dan bila ada ketertiban dalam Negara maka akan hadir perdamaian dunia.

Perdamaian dunia dapat tercapai bila diri anda damai.

  • Hamah. S

Sangat sedikit orang yang dapat melihat kekecewaan kita dengan mata mereka sendiri dan merasakan dengan hati mereka sendiri, sehingga perlakuannya seringkali mengecewakan kita. Dan banyak orang yang membutuhkan telinga untuk mendengar keluhan mereka, tanpa mereka merasa terhakimi oleh perkataan kita.

  • Hamah. S

Hari ini anda harus belajar untuk tidak melihat seseorang dari sisi luarnya saja, tapi mari melihatnya seperti Allah melihat dan memperhatikan anda dari kedalaman hati anda dengan mengetahui apa yang menjadi kebutuhan anda. Ia berhak mengetahui secara lengkap.

Jadilah seorang yang mau mendengar semua keluhan – keluhan dan luka hati orang lain yang datang kepada anda. Mungkin anda hanya bisa mendengarkan saja tetapi hal tersebut sedikitnya telah meringankan bebannya, terlebih lagi saat anda dapat memberi sedikit dari apa yang ia butuhkan baik masukan, ide, nasehat maupun lainnya yang membuatnya menjadi sedikit legah. Perbuatan anda yang telah melegahkannya itu, ibarat suatu kerusakan yang telah anda membangunnya kembali. Hal itu akan menjadi terasa lebih baik, dan memang demikian andanya karena suatu alas an “anda adalah anak Allah,” marilah sebagai anak Allah yang mencerminkan sikap anda seperti Allah, pedulilah dengan sesama anda.

Kebencian selalu melukai anda ketimbang orang yang anda benci.

  • Hamah. S

Hiduplah sebagai orang merdeka, karena Allah sudah memberikannya kepada anda, so janganlah kemerdekaanmu dirampas.

  • Hamah. S

Allah akan selalu memenuhi kebutuhan kita bukan keinginan kita.

  • Hamah. S

Perilaku adalah sesuatu yang biasa – biasa saja, tetapi menghasilkan sesuatu yang luar biasa.

  • Hamah. S

Apakah anda merasa jauh dari Allah?

Cobalah tebak, siapakah yang menjauhkan diri.

  • Hamah. S

Anda adalah anda dan bukan seutuhnya anda, karena suatu alas an!

Anda telah dibentuk dengan tongkat Tuhan.

  • Hamah. S

Percayakanlah hidup anda kepada Allah, bukan kepada kepercayaan – kepercayaan gelap.

  • Hamah. S

Kalau anda masih percayai kuasa – kuasa gelap, berarti anda tidak mempercayai Allah secara total. Jika anda percaya kepada Allah dengan sepenuh hati, maka anda tidak perlu takut untuk berbuat sesuatu yang menurut kuasa kegelapan itu tidak boleh untuk dilakukan bagi Allah, sebab Allahlah yang mengatur seluruh aspek kehidupan ini, termasuk juga kehidupan kita. Kesialan atau keberuntungan tidak ditentukan oleh kepercayaan – kepercayaan kuasa kegelapan, oleh karena itu apa yang menurut anda tidak sesuai dengan firman Allah, mengapa anda masih mempercayainya sebagai kepercayaan gelap?

Hala – hal tersebut sebenarnya tidak beralasan dan tidak masuk akal, tetapi biasanya orang – orang mereka mempercayai sebagai suatu kebenaran rasio. Bagaimana dengan orang beriman kepada Tuhan? Apakah kita yang sudah percaya kepada Tuhan juga masih mempercayai kuasa – kuasa gelap itu? Sungguh sangat bodoh dan celaka kalau kita masih mempercayai kuasa kegelapan itu. Dengan mempercayai kuasa kegelapan berarti kita menyerahkan diri kita kedalam ikatan – ikatan iblis dan kuasa kegelapan dalam bentuk apapun menimbulkan kekejian di mata Tuhan.

Jauh sebelum kita mengenal Allah untuk pertamakalinya, Allah sudah mengenal kita.

  • Hamah. S

Allah tidak bermain dadu.

Sekali mengenal untuk kekal

Sekali tidak mengenal untuk selamanya.

  • Hamah. S

Tuhan harus membersihkan hidup anda, setelah itu anda akan menjadi alatNya yang luar biasa.

  • Hamah. S

Mungkin anda dalam banyak kesempatan berjanji kepada Tuhan, “Tuhan pakailah hidup saya menjadi alatMu, untuk menjadi berkat bagi orang lain.” Betapa bersukacitanya Tuhan ketika mendengar pengakuan anda! Dan pasti Tuhan akan memakai Anda, namun ada harga yang harus anda bayar agar Tuhan dapat memakai anda. Sebuah kerelaan hati anda untuk dibentuk oleh Tuhan. Terkadang semua “kelebihan” anda telah membuat anda sombong, merasa lebih baik dari orang lain, merasa lebih layak dipakai daripada orang lain, motifasi ingin dihargai yang berlebihan dan sebagainya. Hal – hal seperti inilah yang pasti dibersihkan dan dibuang oleh Tuhan sebelum anda muncul sebagai pribadi yang sempurna bagi Tuhan dan siap dipakai Tuhan karena dengan demikian anda akan menjadi orang Tuhan yang luar biasa dan menjadi berkat bagi banyak orang. Relakah anda jika Tuhan melakukannya hari ini?

Kejujuran adalah batu penjuru dari segala kesuksesan, pengakuan adakah motifasi terkuat dan kritik dapat membangkitkan rasa percaya diri saat disisipkan diantara pujian.

  • May kay ash.

Hari ini anda adalah orang yang sama dengan lima tahun mendatang, kecuali satu hal: orang – orang dekat anda…….

Tetapi Allah hari ini mengenal anda hingga kekel

    • Charles t jones

Kebahagiaan biasanya merupakan hasil dari sebuah pengorbanan

Sebelum tidur, bertanyalah kebaikan apa yang sudah kulakukan hari ini?

  • Hamah. S

Barang siapa menjaga kehormatan orang lain, pasti kehormatandirinya terjaga.

Olehkarena itu lakukanlah kepada orang lain apa yang anda ingin mereka perbuat kepada anda. Itu adalah aturan emas.

  • Hamah. S



Jauhilah kemarahan karena kemarahan cenderung memakan kebaikan sebagaimana api memakan kayubakar

Kemarahan cenderung mengobrakabrik pergaulan anda sehingga memisahkan anda pada situasi yang lain tampa kompromi.

  • Hamah. S

Yang terbaik diantara sahabat – sahabat anda adalah mereka yang berhati mulia, orang – orang tersebut adalah orang yang cenderung mengindahkan segala sesuatu walau mereka dalam keadaan tertekan.

  • Hamah. S

Allah tidak melihat bentuk rupa dan harta benda kita, tetapi ia melihat hati kita.

Ketahuilah bila hati anda keras adalah bagaikan tempat tidur yang ditaburi duru-duri tajam yang mana menbuat anda tidak betah dalam tidur, tetapi jika hati anda lembut, bagaikan tempat tidur terbaik yang dilapisi matras terbaik dunia hingga terasa nyaman dalam tidur.

  • Hamah. S

Kecintaan kepada Allah melingkupi hati, dan kecintaan ini membimbing hati bahkan merambah ke segala hal. cinta membuat orang menjadi riang, gembira, tertawa, canda, lompat, bercucuran armata

Olehkarena itu berikanlah cinta sejati anda kepada Allah agar tidak hilang dicuri kesedihan, sebab Allah tidak membuat anda sedih atau kesal tetapi sebaliknya bahwa andalah yang menjadikannya sedemikian adanya.

  • Hamah. S

Kita semua adalah tamu utama yang sedang bertamu didunia ini

Allah adalah tuanrumahnya dan harta kekayaan kita adalah pinjaman, tamu itu akan pergi dan cepat atau lambat pinjaman – pinjaman itu harus dikembalikan.

  • Hamah. S

Kehidupan ini ibarat syair yang ditulis, dimana kertas adalah hidup yang dianugerahi Allah dan pena adalah pikiran kita yang menghasilkan tinta, setelah kertas itu penuh, berakhir pula hidup kita. Tidak perduli lengkap atu setengah, bait puisi yang di tulis, tua atau muda umur kita.

  • Hamah. S

Ketahuilah bahwa kesabaran adalah baik, karena jika dipandang dalam permasalahan seseorang, ibarat kepala dari suatu tubuh. Jika kepalanya hilang maka keseluruhan tubuh itu menjadi membusuk, sama halnya jika kesabaran hilang maka seluruh persoalan akan rusak. Jika menyeleseaikan suatu persoalan pertimbangkanlah kesabaran – kesabaran. Dan ada dua sisi dalam kesabaran, sisi yang satu adalah kita harus berkesabaran, dan sisi yang satu adalah kita harus bersyukur kepada Allah

  • Hamah. S

Mempercayakan missi terbaik kepada orang berniat buruk adalah membuat perhitungan bukan kesuksesan.

  • Hamah. S

Dalam persahabatn tidak ada sahabat yang lebih baik daripada menjaga lidah, karena lidah merupakan musuh terbesar yang sulit untuk bersahabat. Tak ada pakaian yang lebih bagus dari kepercayaan, karena kepercayaan adalah busana terbaik yang memperindah persahabatan kita. Tak ada jenis kebaikan yang lebih baik daripada memberi nasehat baik, karena nasehat terbaik merupakan penerang dalam kegelapan yang membingungkan. Tak ada bentuk berkat yang terbaik daripada anugerah dari Allah.

  • Hamah. S

Kebaikan bila anda melihatnya secara jeli dalam berbagai hal dan menerapkannya, berarti anda aman

  • Hamah. S



Suatu kebenaran tidak menimbulkan cercahan, tetapi menghasilkan pujian. Tetapi kesalahan akan menimbulkan pertikaian.Usahakanlah untuk berikan yang terbaik kepada orang – orang yang berhak menerimanya.

  • Hamah. S

Kebaikan tidak ditimbang dengan neraca dan tidak pula dinilai dengan tinta emas tetapi dinilai dan ditimbang dari hati.

  • Hamah. S

Tidak ada orang yang menghimpun harta dan ilmu sebanyak – banyaknya tampa dimanfaatkannya.

  • Hamah. S

Janganlah pernah bertanya bagaimana anda bisa mati, karena itu bukan tugas anda, karena hidup ini adalah suatu proses tetapi kematian adalah otomatis.

  • Hamah. S

Hati mengenal kepedihannya sendiri

  • Hamah. S

Hidup yang menghasilkan warisan dunia adalah sasaran yang dangkal

  • Hamah. S

Menyesatkan diri sendiri adalah orang tidak waras - Menyiksa diri sendiri adalah orang yang sangat kejam.

  • Hamah. S

Pikiran, tubuh dan Roh adalah tetangga yang sangat dekat, olehkarena itu jika salah satunya terganggu ia akan melibatkan yang lain.

  • Hamah. S



Firman Tuhan lebih jauh diandalkan daripada emosi kita.

  • Hamah. S

Segala sesuatu yang dilakukan dengan hati nurani yang tulus membuahkan hasil yang sempurna.

  • dr. felix Duwit

kunci menuju persahabatan dengan Allah tidak merubah apa yang kita kerjakan, namun utamanya merubah sifat kita.

  • Brother laurences

Sejelek apapun wajah kita tetapi dianggap sempurna jika hati kita baik, begitupun sebaliknya.

  • Hamah. S

tak ada gunanya kita memiliki harta kekayaan yang berlimpah tetapi hilang nyaw kita.

  • Hamah. S

Menolong diri sendiri adalah bukan penong, Menolong orang lain adalah penolong.

  • Hamah. S

Yang paling Allah inginkan dari kita adalah hubungan cintakasih kita dengan Allah maupun dengan sesama kita

  • Hamah. S

Orang yang mati karena sakit hati adalah orang bodoh.

  • Hamah. S

Menyimpan dendam adalah melukai diri sendiri

  • Hamah. S

Nilai diri anda tidak sama dengan nilai dari apa yang anda miliki, karena nilai diri anda tidak ditentukan oleh barang – barang berharga yang anda miliki.

  • Hamah. S

Orang yang berpenghasilan dari kejahatan adalah orang yang cenderung melakukan kejahatan.

  • Hamah. S

Kehidupan ini adalah persiapan untuk kehidupan berikutnya.

Maka persiapkanlah hidup anda saat ini sebaik mungkin karena kehidupan berikutnya dapat diperoleh bila kita berhasil dalam kehidupan sekarang

  • Hamah. S

Jangan bergaul dengan orang yang bocor mulutnya, karena segala rahasia perbuatan anda akan kebocoran.

  • Hamah. S

Perkataan setiap orang ditentukan oleh isi hatinya.

  • Hamah. S

Jangan menganggap setiap orang tidak dapat dipercaya, tetapi tiliklah sejauhmana anda memberi kepercayaan kepada mereka.

  • Hamah. S

Pada dasarnya setiap manusia dilahirkan dengan hakekat pribadinya sendiri, tetapi orang yang dilahirkan untuk orang lain adalah bukan pribadinya sendiri, karena ia memiliki dan dimiliki orang lain.

  • Hamah. S



Tak ada kata berhenti dalam perjuangan, karena dibalik perjuangan pasti ada kemenangan, Tak ada kata takut dalam mengungkapka kebenaran, karena kebenatan tidak menakutkan.

  • Hamah. S

Agar tidak dibenci atau terhindar dari perasaan irihati, Sebaiknya ciptakanlah persahabatan – persahabatan akrab.

  • Hamah. S

Segala sesuatu yang terjadi pada diri anda, bersumber dari anda, dan hal – hal itu ditetntukan oleh Alla. Dan yang mengharumkan diri anda adalah sifat dan perbuatan anda.

  • Hamah. S

Untuk menegakkan keadilan tidak hanya dibutuhkan seorang polisi atau hakim tertinggi, tetapi utamanya dibutuhkan hati yang jujur.

  • Hamah. S

Asset termahal pada diri anda adalah hidup and, bukan kehidupan anda.

  • Hamah. S

Perilaku adalah sesuatu yang biasa – biasa saja, tetapi menghasilkan sesuatu yang luarbiasa.

  • Hamah. S

Apa yang anda perbuat itulah yang akan anda peroleh.

  • Hamah. S

Secara tidak sadar bahwa diri anda saat ini sangat dibutuhkan orang lain.

  • Hamah. S


Jabat tangan adalah sebuah sarana membuka hati dan senyum adalah ungkapannya.


  • Hamah. S

Kematian tidak bisa ditantang

  • Hamah. S


Kematian tidak bisa ditantang, belakangan ini saya sering bicara pada adik-adik saya, untuk berpikir tentang apa artinya hidup. bahwa jangan pernah atau sering kamu “mati” [dalam arti bukan benar benar mati tetapi pemikiran yang keliru untuk mau hidup] alias kehilangan semangat hidup dan entah mau dibawa kemana hidup ini. Jika anda ternyata seperti demikian maka anda kehilangan target hidup yang ingin anda capai. Entah apa yang membuat tidak mau memiliki target hidup atau takut membuat banyak aturan tentang hidup anda, takut menghadapi kegagalan dari banyaknya target dalam hidup atau memang anda takut hidup.

Jika kamu takut mati lebih baik jangan hidup

  • Hamah. S

Ada Hidup dan Takdir Hidup ada

  • Hamah. S

Ada Hidup, Takdir Hidup ada hidup mengajari kita untuk menghormatinya. Kita menghormati hidup karena hidup menghormati kita dengan memanfaatkannya. Jadi untuk sementara ini kita sedang ingin memaknai hidup lebih baik lagi. Betapa tingkah laku kita yang menyebalkan dan serabutan ini masih perlu banyak perbaikan. Betapa masih banyak dendam yang kita pendam dan kubur dalam-dalam untuk diikhlaskan. Dan betapa kita masih punya banyak orang yang mungkin tak akan pernah suka pada perilaku buruk yang kita lakukan.

Saya teringat akan film terakhir yang saya tonton bersama teman-teman saya. Death Note. Film korea yang aneh tapi membuat saya belajar lebih banyak mengenai kematian dan penghargaan terhadap hidup. Alkisah seorang pemuda bernama Light menemukan sebuah catatan milik Shinigami yang diceritakan sebagai sosok malaikat kematian. Rupanya catatan tersebut dapat membuat orang mati ketika kita membayangkan wajah dan menulis nama orang dalam catatan yang disebut “death note” tersebut.

Konflik moral terjadi ketika Light yang awalnya berniat baik dengan berpikir membunuh para penjahat-penjahat keji menjadi mesin pembunuh orang-orang yang tidak ia sukai dan dianggap dapat menghalangi tujuan utamanya menjadi seorang penegak hukum. Bahkan dia rela menuliskan skenario kematian kekasihnya sendiri dalam death note menjadi drama pembunuhan tragis yang akhirnya membuatnya selangkah lebih dekat dengan ambisi pribadinya yang egois.

Pada awalnya saya mengutuk habis-habisan kelakuan Light, namun akhirnya saya lebih mengutuk Shinigami yang menurut saya adalah biang keladi yang hanya memanfaatkan Light untuk menuliskan nama-nama pada buku kematiannya. Dalam ceritanya, Shinigami memiliki kemampuan melihat umur manusia dan waktu kematiannya –seperti video klip Saving Me dari Nickelback-. Nah... jika Shinigami tahu waktu kematian para korbannya, sebenarnya Light bukanlah pembunuh, tapi hanya menjalankan takdir bahwa orang yang yang dibunuhnya memang harus mati karena takdirnya ditulis dalam buku tersebut. Menarik. Seperti pada cerita Doraemon –film favorit sepajang jaman-, takdir tidak dapat diubah, karena ketika mereka mencoba mengubahnya lewat mesin waktu, malah merekalah yang terjebak untuk ikut membuat sejarah tersebut terjadi karena adanya usaha untuk mengubah takdir.

Rumit, Tapi pada hikmah yang dapat saya simpulkan dari otak minimalis ini adalah jangan pernah sekali-kali berharap dapat “death note”. Tidak ada manusia yang tidak dicintai orang lain.

Coba bayangkan orang orang yang mungkin akan kehilangan orang yang dicintai hanya karena kita menakdirkan seseorang untuk mati karena ditulis dalam catatan kematian tersebut. Belum lagi kalau sampai salah orang.

Ingat bahw perdamaian itu tidak hanya terwujud karena penjahatnya pada mati. .! Saya bayangkan jika orang yang terpilih mendapatkan death note adalah saya. Mungkin saya tidak cuma butuh satu death note, karena akan begitu banyak nama-nama orang yang pastinya akan saya tulis di sana. Perilaku setan saya yang iri dan gampang dengki ini sudah dipastikan akan memberikan sumbangsih besar bagi negara ini karena berhasil menurunkan kepadatan penduduknya. Misalnya, saya nggak suka situ karena situ lebih kaya dari saya, cateeeettt. Terus saya juga nggak suka sama sono karena sono lebih imut dari saya, catet juga yuuukkk...! Dan itu bisa dipastikan tidak akan berhenti hingga cuma saya yang hidup di dunia ini. Kalau sampai Shinigami begitu kurang ajarnya mengamanahkan buku itu pada saya. Saya bulatkan untuk menolak mentah mentah buku tersebut. Karena bukannya tidak sanggup, saya tidak mau.

Kebahagiaan adalah tujuan hidup setiap orang


  • Hamah. S



Kebahagiaan adalah tujuan hidup setiap orang. setiap orang menginginkan hidup bahagia, Setiap orang tidak menginginkan hidup menderita, Selama hidup di dunia ini manusia ingin bahagia, dan sesudah kematian pun ingin hidup bahagia. Kadang manusia rela hidup menderita, dengan harapan dapat hidup bahagia di surga, Tetapi apakah kebahagiaan itu? Kebahagiaan, seperti halnya kebenaran, keadilan, keindahan, kebaikan, adalah nilai kualitas.

Kebahagiaan dan kebaikan itu hanya terasakan adanya. Setiap orang merasakan kebaikan dan kebahagiaan orang lain, tetapi ia tidak menyadari kebaikan dan kebahagiaannya sendiri. Ia akan selalu merasa kurang baik dan kurang bahagia meskipun orang lain mengatakannya sebagai sesuatu yang teramat baik dan bahagia.

Sebagaimana kata sifat yang lain, bahagia berada di luar pengalaman manusia; Bahagia itu terlalu besar dan terlalu luas bagi manusia, Bahagia itu berada di luar manusia, tak terbatas. Karena tak terbatas, maka kehadirannya pada manusia juga hanya bagian-bagiannya saja;

Keindahan dan kebaikan juga demikian; Selama hidup di dunia ini manusia tidak mungkin mengalami dan memahami kebahagiaan, keindahan, kebaikan, kebenaran, keadilan, yang absolut dan sebenar-benarnya itu. Kebahagiaan adalah kualitas yang begitu heran rasanya, Inilah sebabnya orang tidak pernah sepakat tentang suatu rumusan apa
yang disebut bahagia. Rumusan tentang suatu kualitas keberadaan selalu merupakan reduksi atau kemiskinan kualitas itu sendiri. Itu semua karena kebahagiaan hanya hadir sepotong-sepotong pada manusia.

Manusia itu terbatas oleh kodratnya, dan dengan demikian tak mungkin memasuki kualitas yang tidak terbatas itu. Tidak mengherankan apabila manusia cenderung mempunyai agama. Agama-agama menjanjikan hidup bahagia setelah kematian. Kebahagiaan itu kebahagiaan absolut karena akan bersama Tuhan yang sumber Kebahagiaan, Kebaikan, Keadilan, Keindahan, Kebenaran itu sendiri dan Semua tanpa batas.

Kita pun tak berani membayangkannya, Kita hanya dapat percaya, Hanya saja agama-agama tidak menjanjikan hidup di dunia ini selalu bahagia. Pepatah rakyat Yugoslavia mengatakan bahwa Tuhan tidak mencintai manusia yang selalu hidup "bahagia". Atau pepatah China: kalau tidak ada penderitaan, tak mungkin Sang Budha ada.

Penderitaan di dunia, ketidakbahagiaan di dunia, menjadi salah satu syarat menemukan Kebahagiaan Abadi.

Dunia ini samudra air mata, Berbahagialah hai kamu yang sekarang ini menangis, karena kamu akan mendapat penghiburan. Jadi, untuk tidak bahagiakah manusia itu hidup? Dan mengapa manusia mengejar apa yang disebut bahagia? Bahagia macam manakah yang ada dalam hidup ini? Apakah hidup bahagia itu sama dengan hidup bersenang-senang? Apakah penderitaan itu juga dapat bahagia? Ternyata kebahagiaan tidak ada hubungannya dengan kekayaan dan kemiskinan.

Kebahagiaan adalah sejenis sikap, suatu cara berpikir dan cara mengada. Kebahagiaan tidak ditentukan oleh hal-hal di luar diri manusia, Kebahagiaan itu ada dalam diri tiap manusia itu sendiri, dan ia tinggal memilih apakah saya akan hidup bahagia atau tidak. Tidak ada bahagia tanpa cinta, Tentu saja berbeda antara cinta kasih dan "cinta yagn mencintai". Cinta itu sendiri adalah kualitas, begitu besar dan tanpa batas yang jelas. Tetapi tiap manusia merasakan getaran hadirnya Cinta itu.

Celakalah manusia yang hatinya tidak tergetar, nuraninya mati, ketika matanya tidak melihat Cinta, ketika telinganya tidak mendengar lagi Cinta. Hiduplah dalam Cinta seperti engkau lihat Cinta itu hadir di sekitarmu.

Tidak ada bahagia tanpa kebenaran dan kebaikan, Kebenaran dan kebaikan juga kualitas yang dapat jadi masalah kalau dirumuskan secara rasio, yang benar dan yang baik hanya ada di kepala tiap orang. Dan suatu perbuatan bisa tidak baik dan tidak benar bagi seseorang, tetapi bisa benar dan baik bagi yang lain, namun sebagaimana kebahagiaan, kebenaran dan kebaikan adalah kehadiran lewat perbuatan.

Bahagialah manusia yang matanya mampu melihat kebaikan dan kebenaran, telinganya mampu mendengar kebaikan dan kebenaran, dan hati nuraninya tergetar oleh apa yang dilihat dan didengarnya.

Hiduplah dalam kebaikan dan kebenaran, karena dosa adalah sumber kedukaan, Celakalah mereka yang mati hati nuraninya terhadap kebaikan dan kebenaran, karena kedukaan mereka akan abadi.

Tidak ada kebahagiaan tanpa kegembiraan dan suka cita, Suka cita itu juga kualitas. Bobotnya bisa berbeda-beda, Suka cita sesaat adalah kebohongan, penuh permainan, tanpa beban, gratis terberi, dan mencukupi diri sendiri namun sesaat.

Kebanyakan orang berbahagia membuatnya menjadi bercucuran air mata, humor, ketawa dan bersikap loyal. Ingatlah bahwa humor dan ketawa itu mahal harganya.

Sebuah suka cita sanggup melenyapkan seribu duka, begitu pepatah China. Manusia harus berlatih diri untuk dapat menguasai sikap suka cita ini,
Suka cita adalah sikap penuh harapan, optimistik, tanpa beban meskipun berbeban, santai penuh permainan. Dalam permainan, kalah dan menang, berhasil dan kegagalan, hanyalah masalah waktu. Untuk itu diperlukan kesabaran, menerima apa yang memang tak terelakkan, karena manusia memang memiliki batas.

Tidak ada bahagia tanpa merasa puas atas kecukupannya. Manusia yang tidak pernah merasa puas dan tidak merasa cukup adalah penderitaan, Ibaratnya ular yang mau menelan gajah.

Di sini kemiskinan menjamin kebahagiaan. Manusia yang tidak pernah merasa cukup, manusia serakah, tidak akan puas kalaupun harta seluruh dunia menjadi miliknya; kalaupun seluruh umat manusia di bawah perintahnya. Orang begini, surga pun dicelanya. Kritiknya tiada habis karena orang begini tidak mengenal kesempurnaan dan kesederhanaan.

Tidak ada bahagia tanpa kedamaian dan ketenteraman. Ini juga kualitas, kehadirannya hanya bisa diselami, dirasakan, oleh yang mengalaminya. Karena hati yang damai menikmati semua yang datang padanya, juga penderitaan. Tetapi mereka yang menolak sakit, menolak kematian, menolak kekurangan, menolak kegagalan, adalah penderitaan, Itulah beberapa rumusan rasional tentang hidup bahagia.

Jelas ini tidak memadai bagi Mereka yang bahagia, tentu akan merasakan bahwa banyak aspek bahagia tidak disebabkan di sini karena Bahagia itu tidak dapat dirumuskan, tidak dapat dikatakan.

Ia ada, hadir, tanpa terasa, tetapi memang ada dan terasa bagi orang lain, dan Mereka yang bahagia tidak akan merasakan berlalunya waktu, Mereka yang bahagia terjebak dalam keyakinian, yakni keyakinan akan keabadian.

Waktu manusia tidak cukup untuk menampung apa yang disebut manusia bahagia. Mereka yang bahagia, cerdas dalam nurani, dalam spiritualitas. Spiritualitas berarti berkaitan dengan keseluruhan yang lebih luas lebih dalam, dan lebih kaya, sehingga keterbatasan manusia diletakkan dalam cakrawala baru.

Bahagia adalah kreatif, bukan konsumtif. Produktif, bukan mandul. Kemandegan adalah ketidakbahagiaan; Janganlah merasa terlalu kecewa, tetapi jalanilah hidup setiap saat dengan sepenuh hati kamu! Apapun yang mesti kamu lakukan, lakukan dengan penuh kasih; Miliki iman pada Tuhan dan rencana agung seluruh alam semesta. Maka anda akan mera bahwa segala sesuatu merupakan suatu kebiasaan.

Kita mempelajari cara keariefan yang merupakan cara kelenturan pada alam sekitar; Apabila kita terbiasa dengan kelenturan, maka (kita) terbiasa dengan berbagai perubahan dadakan, kita terbiasa dengan tindakan segera, tindakan spontan, bukan tindakan prasangka, itulah cara yang terbaik.

Kadang kala kita dilahirkan dalam keadaan fakir miskin (sengsara), karena Tuhan menghendaki kita belajar bersemangat pantang mundur dan berlatih keberanian diri.
Kita seharusnya menjadi se-agung sang Pencipta, Dia bisa mewadahi semua ciptaanNya, mengapa kita tidak bisa bertoleransi terhadap pemikiran-pemikiran saudara kita, teman kita, atau orang lain yang kita kenal? Kita harus bisa berbuat yang sama untuk mencapai keagungan iman kita dan Pada saat kita lancar atau sukses, santai; justru harus lebih waspada, jangan menjadikannya sesuatu terjadi karena kemampuan kita, hingga kehilangan rendah hati, rasa penyesalan, lalu mulai malas, tidak dapat maju.

Anda harus ungkapkan perasaan hati Anda, Agar orang lain dapat mengetahui bahwa ia telah melukai hati Anda; Kemudian segera menyelesaikannya! Jangan menyimpannya. Berapa lamakah Anda dapat menyimpannya? Hawa kemarahan yang tertimbun dalam hati Anda dapat terbawa dari satu kelahiran ke kelahiran berikutnya. Hingga suatu saat, jika hawa itu sangat besar, Anda bisa terlahir menjadi binatang. Jenis binatang yang sangat buas, Itu hanya disebabkan karena sentimen marah Anda tidak segera dihapuskan, Maka janganlah meremehkan hal ini; ini adalah konsep pikiran yang salah.

Ingat bahwa tidak mungkin semua konsep pikiran kita sesuai dengan yang Allah janjijan karena yang Maha Kuasa menempatkannya kepada kita di mana saja, dan hal itu pasti merupakan yang terbaik, yang mana kita harus puas atas penempatanNya.

Dan jika ingin mengetahui Anda ada kemajuan atau tidak, cukup melihat perubahan watak diri Anda, keluasan wawasan Anda dan pengembangan kemurahan hati Anda, Itulah kemajuan dan tingkat Anda sesungguhnya dan Wadag manusia ini hanyalah kumpulan dari kebiasaan dan pikiran yang berasal dari kehidupan satu ke kehidupan berikutnya.

Kita tidak boleh serupa dengan wadag manusia ini, kita tidak boleh berpisah, kita adalah kebijaksanaan, kita adalah cinta kasih, yang memenuhi seluruh alam semesta, bagaimana mungkin dapat dipisahkan oleh selapis kulit?

Apa itu semangat? Hayatilah hari ini; Lakukan apa yang perlu dilakukan hari ini, betapapun susahnya atau senangnya adalah hari ini, pahamkah? Jangan peduli masa lampau, karena yang lalu tidak dapat ditarik kembali! Dan masa depan belum menjelma. Karena sangat jarang orang yang dapat dengan sepenuh hati menempatkan mentalnya pada saat kini, sehingga ia begitu menderita.

Tetapi Sangatlah penting untuk bertobat dan bersahaja, tetapi adalah lebih penting untuk mengasihi dirimu sendiri. Jika Anda tidak dapat mengasihi dirimu sendiri, siapakah yang dapat Anda kasihi? Dan Bersahajalah! Hidup akan lebih mudah buat Anda, dan Anda menghemat seluruh energi Anda untuk naik (ke atas) daripada memboroskannya pada bidang intelektual yang berpencaran di sini dan di sana, dan melekatkan diri Anda di sana. Anda cantik, sungguh cantik. Bebaskan diri Anda. Anda terlalu membebani diri; itu tidak perlu. Jadilah dirimu sendiri. Bebaskanlah.

Ada 4 Sifat Cinta: 1. Tidak membeda-bedakan 2. Cuma-cuma atau tanpa pamrih 3. Ketidaksadaran diri 4. Bebas


  • Anthony De Mello Sj


Teguran dari orang lain merupakan suatu pujian!

  • Guru Ching Hai


Kesombongan adalah tanggungan kita yang paling merepotka ,dan rintangan yang terbesar.

  • Hamah. S


Berterus terang kepada diri sendiri adalah berterus terang kepada siapapun.

  • Guru Ching Hai


Memperbaiki diri kita adalah memperbaiki dunia.

  • Hamah. S


orang dapat melakukan apapun bila ia percaya dan menginginkannya.


  • Hamah. S

Meski anda menyembunyikan pikiran buruk dalam hati anda, tetap akan terpancar kekuatan kelam. Pikirkan cinta, meski tak mengucapkannya, maka duniapun akan terasa lebih terang.

  • Hamah. S

Satu-satunya hal yang harus kita takuti adalah ketakutan itu sendiri.

  • Franklin D. Roosevelt





Nilai manusia, bukan bagaimana ia mati, melainkan bagaimana ia hidup, bukan apa yang diperoleh, melainkan apa yang telah diberikan, bukan apa pangkatnya, melainkan apa yang telah diperbuat dengan tugas yang diberikan Tuhan kepadanya.

  • Ministry

Agar dapat mengambil keputusan yang tepat dalam hidup ini, anda harus mendengar jiwa anda. Untuk dapat melakukannya, anda perlu merasakan kesenyapan; yang ditakuti oleh sebagian besar orang, karena dalam kesunyian anda dapat mendengar kebenaran dan melihat pemecahan-pemecahan pada diri anda

Hati anda belum hidup kalau belum pernah mengalami rasa sakit. Rasa sakit karena cinta akan membuka hati, bahkan bila hati itu sekeras batu.

  • Hamah. S

Kerendahan hati menuntun pada kekuatan bukan kelemahan. Mengakui kesalahan dan melakukan perbuatan atas kesalahan adalah bentuk tertinggi dari penghormatan pada diri sendiri.

  • John Mccloy

Orang yang menguasai dirinya adalah orang yang mampu melihat kedalaman hati dan pikirannya. Dan orang yang menguasai dirinya adalah orang yang tidak gampang dirobohkan

  • Hamah. S

Merendahkan hati akan lebih disukai, tetapi jangan merendahkan diri.

  • Hamah. S

Hati adalah sumber keberanian, semangat, integrasi, komitmen dan motifasi


  • Hamah. S



Hati adalah sumber keberanian, semangat, integrasi, komitmen dan motifasi "Saat ini bahaya yang paling besar yang dihadapi umat manusia pada zaman sekarang bukanlah ledakan bom atom, tetapi perubahan sifat" dan "Hati ini mengaktifkan nilai-nilai kita yang paling dalam, mengubahnya dari suatu yang kita pikir menjadi sesuatu yang kita jalani. Hati tahu hal-hal yang tidak, atau dapat diketahui oleh pikiran. Hati adalah sumber keberanian dan semangat, integritas dan komitmen. Hati adalah sumber energi dan perasaan mendalam yang menuntut kita belajar, menciptakan kerja sama, memberikan motifasi, memimpin dan melayani"

"Kecerdasan emosi adalah kemampuan merasakan, memahami, dan secara efektik menerapkan daya dan kepekaan emosi sebagai sumber energi, informasi, koneksi, dan pengaruh yang manusiawi"

Olehkarena itu "Taburlah gagasan, petiklah perbuatan. Taburlah perbuatan, petiklah kebiasaan. Taburlah kebiasaan, petiklah karakter. Taburlah karakter, petiklah nasib".

Ukuran paling tepat untuk menguji kecerdasan tingkat tinggi anda adalah kemampuan menyimpan dua gagasan berlawanan dalam pikiran anda secara bersamaan, namun masih mempunyai kemampuan untuk berfungsi".

Tidak sempurna memandang segala sesuatu dari satu sisi, namun dari semua sisi

  • Hamah. S

Tidak sempurna memandang segala sesuatu dari satu sisi, namun dari semua sisi, Kita tidak akan selamanya benar jikalau hanya memandang sesuatu dari sisi kita sendiri atau dari satu sisi tertentu dan sisi yang lain kita hiraukan. Pandangan kita tidak sempurna walau menurut kita itu sempurna karena “tidak sempurna memandang segala sesuatu dari satu sisi, tetapi harus dari semua sisi”. Berikut lihat ilustrasi percakapan malaikat senior dan junior:

Suatu hari ada dua malaikat yang sedang bepergian dari satu kota ke kota berikut yang begitu jauh; ketika mereka tiba di kota pertama hari menjadi senja dan tibalah malam, lalu mereka mendatangi sebuah istana orang kaya dikota itu untuk memohon agar mereka nginap semalam dirumah orang kaya itu, ketika permohonan mereka dikabulkan mereka dipersilahkan masuk tetapi bukan dinginapkan di rumah utamanya tetapi mereka diinapkan di gudangnya, setelah kedua malaikat itu tidur, malaikat senior memandang sekeliling mereka dan melihat wah dinding-dinding gudang tersebut sudah hancur tinggal ambruk, lalu ia dengan belas kasih ia mendandangi dinding tersebut hingga bagus. Nah setelah pagi kedua malaikat ini hanya dijamu dengan roti dan teh manis, setelah kedua malaikat itu menikmati jamuan mereka tibalah waktunya untuk mereka melanjutkan perjalanan mereka, tiba di luar perkotaan berikutnya waktunya sudah malam, mereka lalu didatangi oleh kakek dan nenek yang menawari kedua malaikat itu untuk nginap bersama mereka. Kedua malaikat itu ikut bersama kakek dan nenek itu, setelah tiba dirumah mereka wah rumahnya sangat kecil dimana hanya ada satu kamar tidur, kedua malaikat ini dijamu dengan makanan yang sangat bagus dan diijinkan nginap dikamar utama kakek dan nenek itu. Sewaktu malam matilah seekor sapi peliharaan kakek dan nenek satu-satunya yang membuat hati kakek dan nenek sangat kecewa. Maka kata malaikat junior kepada malaikat senior, katanya ”masa orang kaya yang tidak menjamu kita dengan baik saja kamu dandani dinding gudangnya sangat bagus sedangkan kakek dan nenek yang melayani kita dengan sangat terhormat sapi mereka satu-satunya mati tidak kamu selamatkan? Namun jawab malaikat senior kepadanya “ itukan pandangan dan penilaian kamu! Jangan memandangnya dari satu sisi saja kamu harus memandangnya dari sisi yang lain. Lalu malaikat senior itu memberitahukan kepada malaikat junior itu lagi katanya “ anda tahu tidak! Aku mendandangi dinding gudang itu karena didalamnya berisikan banyak emas tetapi banyak pencuri yang mencurinya karena diding-dinding itu tidak sulit untuk di masuki, sedangkan di rumah ini Semalam malaikat pencabut nyawa datang untuk mencabut nyawa nenek itu, tetapi saya memintanya untuk mencabut nyawa sapi itu menggantikannya” terkejutlah malaikat junior itu, lalu ia mengatakan mengapa saya tidak bisa meliahatnya ya?

Ya begitupun sebaliknya bagi kita, keputusan maupun ide kita tidak bisa sempurna kalau kita hanya menilainya dari satu sisi.

Menolong diri sendiri adalah bukan penolong, tetapi menolong orang lain adalah penolong

  • Hamah. S

Jika kita hidup secara damai, maka kedamaianlah yang akan kita peroleh kelak

Jika kita hidup bermusuhan, maka permusuhanlah yang akan kita peroleh kelak

Jika kita hidup tolong-menolong, maka pertolongan yang akan kita peroleh kelak

Jika kita hidup secara beriman, maka kerajaan Surga yang akan kita peroleh kelak.

  • Hamah. S

Saya yakin setiap manusia lahir dalam keadaan bersih, ia diletakkan pada garis start kehidupan nol, ketika memulai langkah awal; ia akan selalu diperhadapkan dengan dua pilihan yaitu : Baik dan Jahat.

Kedua jalan inilah yang akhirnya menghasilkan surga dan neraka

  • Hamah. S

Yang benar adalah mencukupkan diri anda dengan apa yang anda miliki bukan dengan siapa anda adanya.

  • Hamah. S

Dalam hidup kita akan berjumpa, dalam kematian kita akan berpisah, Kurung waktu diantara keduanya Kristus memenangkan hati kita. kepada saudara dalam kristus.

  • Hamah. S

Hari ini di bumi adalah anda, besok di akhirat tetap anda, yang berbeda adalah tempatnya

  • Hamah. S

Cobalah tebak, siapakah yang akan menguburkan anda waktu anda meninggal? Olehkarena itu perhatikanlah pergaulan anda karena kesanalah anda akan menuju.

  • Hamah. S

kita dapat menarik hati orang lain karena kebaikan yang kita perlihatkan, kita dapat mempertahankan mereka dengan kasih yg kita miliki, dan jalan menuju pikiran seseorang adalah hatinya. oleh karena itu janganlah menyakiti orang-orang dekat anda, karena orang yang disakiti lebih sakit ketimbang anda yg melakukannya.

  • Hamah. S

Secara tidak sadar bahwa kita semua memiliki kelebihan – kelebihan berharga yang terpendam dalam diri kita, yang mana hanya sedikit yang telah kita ketahui dan yang lainnya belum.

Olehkarena itu, untuk mengetahui kelebihan dan kekurangan anda, anda harus tenggelam sedalam – dalamnya dalam diri anda. Maka anda akan kenal secara jelas siapa diri anda sebenarnya. Dan ingatlah bahwa segala sesuatu yang anda lakukan, hendaknya anda memulainya Dengan Allah dan Allah terlebih dahulu harus dipahami, karena jika Allah tidak anda pahami, jangan berharap didup anda dipahami.

  • Hamah. S

Kepenuhan tidak selalu merupakan suatu tanda kekuatan dan kekosongam tidak selalu merupakan suatu tanda kelemahan

Untuk memulihkan luka – luka anda, kosongkan diri anda dari hal – hal yang melemahkan anda dan penuhkan diri anda dengan hal – hal yang menguatkan and.

  • Hamah. S

Benih kekuatan biasanya ditanam dalam tanah kelemahan. Kekuatan akan mengangkat anda yang terbesar esok hari dari kelemahan anda yang paling melemahkan hari ini.

  • Hamah. S

Jalan menuju keutuhan adalah kita harus lalui kehancuran. Saat kehidupan anda hancur berkeping – keping, Tuhan dapat menciptakan kehidupan yang utuh bagi anda sesuai dengan yang ia rencanakan bagi anda.

  • Hamah. S

Keindahan dan keharuman dilepaskn melalui kehancuran. Ketika anda hancur, bertanyalah “bagaimana anda dapat menghiasi kehidupan orang lain” melalui pengalaman ini

  • Hamah. S



Rasa sedih dan sepih akibat perpisahan biasanya datang dari perpisahan yang anda lakukan. Ubahlah penderitaan akibat perpisahan anda menjadi suatu pemulihan dengan manjangkaui seseorang yang membutuhkan perhatian dan keprihatinan penuh kasih dari anda.

  • Hamah. S

Pemulihan datang bukan dengan seberapa baik anda menghindari semua kehilangan, namun dengan bagaimana anda merespons ketika saat kehilangan itu tiba. Penderitaan datang tidak peduli anda memilihnya atau tidak, mamun pemilihan dating karena anda mau memilihnya.

  • Hamah. S

Mengatasi kesepian bukan hanya menemukan seseorang pengganti bagi orang yang hilang dari anda, namun menemukan makna baru bagi diri anda dan bagi diri anda yang seharusnya.

  • Hamah. S

Ubahlah kenangan yang sepih dari masa lalu anda menjadi visi produktif bagi masa depan anda.

  • Hamah. S

Penangkal terbaik bagi kesepian adalah kebersamaan bersama Tuhan.

  • Hamah. S

Kasih dan penderitaan merupakan dua sisi dari koin yang sama. Anda tidak dapat mengasihi tanpa terluka dan anda tidak sehatusnya terluka tanpa menemukan dimensi batu dari kasih.

  • Hamah. S

Kasih merupakan suatu pengorbanan penderitaan, penderitaan yang berkorban dan kasih merupakan dua teman pada jalan yang sama. Anda tidak dapat benar – benar berjalan dengan satu tanpa berjalan dengan yang lain.

  • Hamah. S

Pemulihan akan datang dari luka- luka pengampunan, dengan anda mengampuni diri anda sendiri dan juga orang yang telah bersalah kepada anda.

Dengan anda mengampuni dia yang melukai anda, maka Tuhan akan menghilangkan sakit hati anda terhadap dia.

  • Hamah. S

Penderitaan dan keriaan adalah kenikmatan yang berbeda.

  • Hamah. S

Penderitaan dan keriaan adalah kenikmatan yang berbeda. Bila Anda adalah manusia penderita, sedangkan sesama anda adalah manusia keriaan, suatu fragmatik yang berbeda antara kehidupan anda dan sesama anda. Ya anda adalah manusia penderita dan penderitaan adalah bayangan Tuhan tunggal dimana tidak mendiami kawasan hati dengki.

Orang yang menderita adalah memiliki roh sangsai, dukacita amatlah mulia bagi mereka yang dibuat berdiam dalam hati kerdil. Dimana bila orang lain tertawa mereka meratap dan menangis; namun siapa yang pernah dibakar sekaligus dicuci dengan airmatanya sendiri??..... selamanya akan tetap suci!!!.. Biarpun orang lain tidak memahami anda, namun anda harus layangkan simpati anda. Walau mereka ngebut dengan bengawan kehidupan kejam, sehingga mereka tidak menoleh kepada anda, padahal anda duduk dibantaran sungai, menontoni mereka dan menangkapi suara mereka yang ganjil.

Mereka tak menangkap jeritan anda karena bisingnya hari membuat telinga mereka tuli, tersumbat zat batu kehidupan yang tak pedulikan akan kebenaran; namun anda mampu mendengarkan nyanyian mereka, karena bisikan didalam membukakan nurani anda, anda akan menyaksikan mereka berdiri diujung jemari cahaya, tetapi mereka takbisa melihat anda, kerena anda tinggal didalam tekanan yang menjanjikan kebebasan.

Andalah putra penderita??... anda adalah seorang penyair dan nabi, andalah penenung busana sang dewi dari benang hati anda dan anda penuhi tangan para bidadari dengan bijian nuraniah anda, bagi mereka pengejar surga dunia!!.. mereka akan selalu menempatkan hati mereka dalam genggaman kehampaan, karena sentuhan tangan kehampaan begitu luwes dan mengundang selera sesaat.

Mereka tinggal dirumah kebodohan!!!.... karena dalam rumah mereka tiada cermin wajah untuk memandang bentuk wajah mereka, mereka takkan membuka topeng mereka, anda akan selalu menghela napas panjang??.... akan tetapi dari keluhan anda akan terbit bisikan – bisikan anak sungai!!!... taat kala mereka menurunkan derajart anda dan tingkah mereka berbaur dengan penghancuran, reruntuhan, ratapan dan gemertakan dari jurang yang dalam.

Apabila anda meratap….. airmata akan menetes kedalam jantung kehidupan, bagai kemilau embun segar yang menetes dari pelupuk malam kedalam jantung fajar; bila mereka tertawa, cemohan mereka menyemburkan racun bagaikan bisa ular meracuni luka.

Anda tetap menangis, menaruh simpati kepada simiskin, gelandangan dan janda yang berduka……. tetapi mereka bersukaria tersenyum memandang emas yang gemerlapan. Anda akan terus menangis……….. karena andalah yang jelas mendengarkan isakan kaum miskin dan ratapan silemah yang tertindas; tetapi mereka tetap terbahak karena tak ada yang dihiraukan selain bunyi letupan senapan sebagai isyarat yang berdenting.

Anda menangis karena saat ini roh anda tercerai dari ilahi………. tetapi mereka tetap tertawa karena tubuh mereka terikat dengan ketidakpedulian.

Anda putra penderita………….. sedang mereka putra keriaan, Memohonlah agar mereka memperkenangkan anda untuk mengukur buah penderitaan anda yang berbanding tajam dengan tingkat keriangan didepan kesaksian sang mentari.

Mereka telah menegakkan piramida dihati para budak, tetapi tahukah anda? Piramida itu berdiri diatas pasir, memperingati abad-abad keabadian kalian dan jejak mereka yang fana.

Mereka hidup dalam kenangan insan serupa bagai dimuka bumi; mereka takkan menemukan seorang kawan’pun yang akan menguburkan anda dalam kegelapan noneksistensi, dan kegelapan yang selama ini dicari oleh mereka dimukabumi ini.

Andalah putra penderita……..derita adalah mega ke’emasan yang menyirami manusia dengan pengetahuan dan kebenaran.

Mereka putra-putra keriaan betapapun tinggi jangkauan keriaan mereka menurut hukum Tuhan… ia akan binasa oleh sapuan angin dari surga yang memporak – porandakan mereka menjadi kehampaan, karena hakekatnya dia tidak lain seperti sekepul asap tipis yang gemetar diudara.

  • Kepada kaum yang tertindas saya persembahkan



Tidak ada komentar: