Launching

Launching

Jumat, 09 Oktober 2009

TUHAN DAN KEPRIBADIANNYA


Part 25

TUHAN DAN KEPRIBADIANNYA

oleh

Hamah Sagrim



Tuhan yang sebenarnya sudah dikenal oleh setiap Manusia dalam kepercayaan Agama suku, namun dianggap sebagai berhala oleh agama moderen yang mana agama moderen juga menyembah kepada Dia yang dipersepsikan sebagai realitas tertinggi oleh semua agama suku itu.

Karena Tuhan tidak mungkin dijangkaui oleh pikiran manusia, dan Tuhan juga dipersepsikan secara berbeda-beda oleh berbagai kelompok manusia sepanjang sejarah, yang mana mengklaimnya sebagai milik mereka sendiri. Buku ini secara lugas dan gamblang menguraikan Tuhan dan sifat-sifat Tuhan yang telah dipelajari oleh semua agama secara mirib, terutama Kristen dan Wiyon-Wofle, namun manusia masih dalam keterbatasannya membuat mereka keliru untuk mempersepsikan Tuhan dengan benar, sehingga selalu membuat perbedaan tentang Tuhan bahwa Dia (Tuhan) hanya sebagai milik agama mereka dan agama lain tidak, atau Tuhan hanya milik suku ini dan suku yang lain tidak, atau Tuhan berasal dari keturunan ini bukan dari keturunan yang lain. Sebenarnya, Tuhan adalah pribadi yang tidak beragama, Dia juga tidak bersuku bangsa, Dia tidak diperanakan, dan Dia juga tidak berasal mula – berasal usul. Segala sesuatu yang ada, termasuk agama, suku bangsa, manusia, dan yang lain sebagainya bermula dari Tuhan, dan Dia sendiri berada di dalam segala sesuatu itu. Dalam buku ini, saya coba mengkaji mengapa ide orang Maybrat, Imian, Sawiat, Papua yang memandang Wiyon-Wofle sebagai Tuhan yang bertumbuh, berubah, dan saling mempengaruhi dalam tradisi mereka yang mana diparalelkannya dengan ide-ide tentang Tuhan dalam alkitab yang diturunkan dari tradisi Yahudi, Kristen, bahkan agama Islam, dan Budha, yang melintasi berbagai fase sejarahnya hingga abad sekarang.

Melalui buku ini, anda akan kenal rahasia-rahasia dalam teologi tradisional suku Maybrat, Imian, Sawiat, Papua (Wiyon-Wofle) yang diparalelkan dengan teologi Kristen dalam bibel. Rahasia-rahasia yang termuat dalam buku ini, mengungkapkan rahasia tabernakel (k’wiyon-bol wofle), pembagian bilik-bilik ruang tabernakel (kre mato k’wiyon-bol wofle), fungsi ruang, dan tugas Imam (Raâ bam-Na Tmah) dan Para Rasul (raâ Wiyon-Na Wofle), sifat-sifat Wiyon-Wofle, dan Perkakas-Perkakas. Buku ini sebagai suatu rujukan kepada orang beragama untuk memaknai Tuhan dengan benar.

Tidak ada komentar: